Hello Jakarta?

Beberapa waktu yang lalu gw dateng ke kawinan salah satu temen dari Mawaddah, pesantren tempat gw menghabiskan masa SMA. Tempat kondangan nya di Wisma Antara tempat gw biasa mangkal (cieeeh angkot bang?) Nongkrongin client IT Indosat . Agak aneh ya biasanya kesono buat kerja lah ini koq malah kondangan...well anyway that's not the point.

Temen gw ini dulu yang pertama kali mengajak gw menjejakkan kaki ke ibukota alis jekardaaah tepatnya tahun 1999. Jadi waktu itu di pesantren kita ada 2 liburan besar. Libur pertama adalah libur puasa+lebaran 40 hari. Yang kedua adalah libur kenaikan kelas bulan Juni sekitar 2 mingguan. Kalo libur puasa lebaran gw biasanya pulang ke Makassar atau ke Dili jaman ortu masih disana. Nah kalo libur yang 2 minggu itu gw biasanya ga pulkam karena waktunya ga gt panjang dan yunowlaah harga tiket pesawat masih mihil banget ga worthed dengan jangka waktu sependek itu. Jadi biar ga mati gaya di pondok gw biasanya numpang liburan kerumah temen yang lebih deket dari Ponorogo salah satunya ke Jakarta.

Sebagai anak kampyung..rada norak norak bergembira dong ya mau menginjak ibukota. Kaya apasieeh namanya jakarta itu?. Kita naik kereta ekonomi dari stasiun madiun dengan duit pas2an. Karena lagi high season jadi ga dapet duduk. Ngemper pake koran. Tapi waktu itu sih karena rame2 jadi seru seru ajah. Sekitar daerah jawa barat baru dapet duduk. Turun di stasiun jatinegara karena temen gw tinggal di daerah pisangan.

Kesan pertama waktu menginjakkan kaki dijakarta?. Crowded. Mungkin karena di makassar belum se rame sekarang ya. Tapi euforia gw sih ga sampe level perut mules sangking senengnya hehehe jujur biasa ajah. Selama di Jakarta gw diajak muter2 ke beberapa tempat sama temen gw dan kakaknya. Yang gw inget kita sempet belanja belanji ke Pasar Mester Jatinegara. Pulangnya naik bajaj. Percaya ga kalo gw mau muntah pas naik bajaj...sumpaaaah mual banget nyium bau knalpotnya plus si abang bajaj bawanya tipikal bajaj banget deh yang ngebut dan hanya Tuhan dan si abang yang tau kapan dia mau belok kiri kanan. Sampe rumah temen gw langsung keliyengan trus diketawain hehehee...gw tau sih maksud mereka baek biar gw ngerasain yang namanya naik bajaj tapi trus gw bilang please no more bajaj :D.

Yang paling berkesan buat gw pas wiken si abangnya temen gw ngajakin kita jalan-jalan ke senayan. Naik motor, bertiga hihihi. Motornya gede sih model honda tiger gt lah jadi masih muat bertiga mengingat bodi gw dan temen waktu itu masih imut2 banget :D. Seruuuuu dan gw berkesan banget karena kita ngelewatin gedung2 tinggi sepanjang sudirman yang belum pernah gw liat sebelumnya. selayaknya anak kampung gw cuma bisa amaze sepanjang jalan ngeliat jejeran gedung2 itu. Di senayan juga gw takjub ngeliat selapangan penuh dengan tukang jajajan. Di Makassar palingan cuma ada tukang jualan pisang epe di pinggiran losari.

Oh iya, selain ke senayan gw juga sempet jalan-jalan ke TMII bareng 3 temen pesantren lainnya. Kita janjian di terminal kampung rambutan karena mereka berdua rumahnya di bekasi. Sempet nyasar naik metromini pula. dan disitulah gw melihat kondisi angkutan di jakarta yang sangat2 tidak friendly. First bajaj and then metromini. dalem hati gw mulai mikir errrrr...i don't think i want to live in Jakarta.

Tahun berikutnya, gw nebeng liburan lagi dengan temen lainnya di Jakarta. Tapi kali ini liburan lebaran. Jadi peraturan di pesantren ketika kita naik kelas 5 atau setara kelas 2 SMA kita wajib mukim di pondok selama 2 minggu pertama Ramadhan. So it means liburan puasa cuma 2 minggu ajah. Balik lagi ke masalah keterbatasan dana jadi gw mutusin buat nebeng liburan lebaran di rumah temen. Ga kapok ke Jakarta Mba? hehehehe waktu itu sih belum karena ngerasa belum explore banyak di jakarta (cieeeh bahasanya explore :D...Dora The Explorer keleuss ...).

Ke Jakarta versi kedua ini kayaknya justru over explored deh...soalnya si temen gw ini rumahnya kan di Bekasi, dan dia anaknya lumayan lincah ngajakin gw maen kesana kemari mulu. Tahun baru gw diajakin malem2 ke Marunda sama temen2 kakaknya dia, ngeliat mesjid si pitung gt deh. trus maen kembang api dan petasan sekitar pantai marunda. Trus gw diajakin maen ke rumah temen satu ke temen yang lainnya yang anak jakarta juga. Yang gw inget gw ke rumah temen di kuningan, trus ke ciledug trus kepasar minggu terus ke mampang trus ke bekasi juga....pokoknya keliling2 mulu. dan tentunya perginya naik kendaraan umum dong yaaaa...metromini, kopaja,bis dkk....

Kesimpulannya gw seneng sih dan makasih banget diajakin muter2in Jakarta sama si temenku satu itu...tapi beneran deh gw pengen nangis tiap harus naik metromini berdiri desek2an. Manja yess?....yabes gimana dong di Makassar itu ga ada yang namanya Kopaja, Metromini, apalagi bajaj. Adanya cuma becak dan pete pete alias angkot. Orang Makassar itu sangat dimanjakan dengan pete2. Betilah sama bogor yang konon katanya kota angkot juga. Ga ada deh yang namanya adegan ngejar2 pete. justru pete2 yang ngejar2 kita. sampe masih diujung gang juga ditungguin. Ga ada deh namanya naik mesti kaki kanan turun kaki kiri kalo ga mau kaki terkilir. Mau turun naik pake dua kaki barengan juga bisa2 aja asal bayar. Tinggal duduk manis nyampe deh. Ditambah Makassar waktu itu belum kenalan sama yang namanya macet. That's It gw haqqul yakin saat itu kalo gw ga mau tinggal di Jakarta. Jakarta seems too cruel buat anak kampung tapi manja dan malas kaya gw.

Itu almost 14 tahun yang lalu ya....

And look at me now...ternyata takdir membawa gw kesini.

Jadi penduduk resmi ber KTP Jakarta. Metromini, kopaja, bis, bajaj, jadi makanan sehari2. Did i hate become Jakarta Citizen? ga juga. It's like hate and love relationship. Kalo lagi macet, banjir, panas, polusi rasanya pengen "kulari ke hutan kemudian teriakku...." (hallah ketahuan ga bisa move on dari sekuelnya iklannya AADC :D). Tapi kalo lagi ke Makassar koq yaaa kangen lontong sayur, bubur ayam, mie ayam bangka (*Laaah makanan semua). Mungkin karena kehidupan di jakarta itu sangat2 kompleks jadi it had so many choices. Lagi banyak duit dan mau makan di resoran fancy? bisaaaaa....mau hidup sederhana makan di warteg aja? banyaaaak.....mau makan enak tapi harga ga mahal amat? banyaaaak juga (lagi2 makanan *brb pesen mie ayam). Jakarta juga mengajarkan soal kedisplinan, telat 1 menit aja berangkat dari rumah atau kantor itu jalanan udah berubah lagi volume kemacetannya. Tapi tenaaaaang soal kehidupan di Jalan ga seburuk yang gw bayangkan 14 tahun yang lalu. Walopun temen gw di path banyak yang tau kalo semasa hamil dan bawa perut segede drum gw sering ga dikasi duduk di bis, tapi gw masih sering loh dibantuin nyebrang sama abang2 tukang ojek mangkal di bangka sampe sekarang. Intinya jakarta mengajarkan banyak hal tentang survive. Siapa bilang hidup dijakarta juga ga bisa dimanjakan. Malem2 perut laper tukang nasi goreng sama bakso lewat. Ga sempet kepasar bisa nitip dibelanjain sama tukang sayur dan masih banyak privilege lain yang ga bisa dinikmati di tempat lain.

 So i think i suppose to call Jakarta as my home. Apakah gw berencana selamanya tinggal di jakarta? belum tau...maybe yes maybe no.. kita lihat saja kemana takdir akan membawa kita selanjutnya :D.

Cheers...

Comments

Popular posts from this blog

Alhamdulillah 'Ala Kulli Ni'mah

Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)

Melahirkan Dengan BPJS Kesehatan