Online Freelancing On Elance

Suatu saat gw pernah cerita2 sama seorang teman SMP, sekarang dia domisili di US. Gw nanya, koq suaminya bisa sampe dapet kerja di US, diapun cerita kalo awalnya dari freelance trus dapet client org US dan dia puas sama kerjaan si suami temen gw ituh, trus ditarik deh kerja beneran dikantornya. Temen gw bilang "ra, coba aja kamu ambil job freelance gt, kamu kan pinter english (cieee pinter *kembang kempis deh idung gw), trus ngerti IT juga, websitenya namanya oDesk. Gw cuma jawab "oke deh nanti gw coba". Besokannya gw daftar di web tsb, daftar doang sampe beberapa tahun kemudian :D.

Sampailah kemudian kita ke bulan Februari kemarin, gw dikasi tau orang kantor web freelance namanya Elance . Iseng daftar, trus liat daftar job2 di kategori admin support, ehmm...kayaknya gw bisa nih ngerjain ini, cobain ahh!. Sebelumnya gw browsing dan berguru sana sini dulu dr mbah google gimana cara bikin proposal yang bagus di Elance, gw ikutin semua tips dan triknya dan baaaammmm...besokannya ada yang reply proposal gw dan bilang dia mau hire.

It was like suuuuuupeeeer happy men...

Fist job gw di elance adalah Setup Microsoft Project Schedule. Secara yeee lumayan khatam sama ms.project jadi gw pikir cincay lah yaa..ternyata aku salah sodara2...cincai sih tapi si klien gw bule org hongkong ini punya 33 project untuk schedule mingguan selama setahun...mamam deh tuh! gw sukses 3 hari ga tidur ngerjain ini. Karena ini kerjaan tipenya hourly alias dihitung perjam, doi cuma ngasih gw jatah 5 jam. pada kenyataannya mungkin hampir 30 jam gw ngerjain. Tapi karena ini kerjaan pertama jadi gw pasrah aja sih, itung2 pelajaran buat next time. Untungnya klien gw ini orangnya super baik, super pengertian, dan selalu bayar payment tepat waktu. dan kerjaan yang awalnya cuma 5 jam, jadi beranak pinak sampe beberapa puluh jam, karena dia puas sama hasil kerjaan gw jadi dia nambahin kerjaan lagi. Alhamdulillah.

Jadi secara total gw udah 2 bulan lebih "nyangkul rejeki" di Elance alhamdulillah udah dapet 4 job. Yang 2 udah kelar, sekarang masih ada 2 yang ongoing dan sepertinya bakal jadi long term job.
Kalo ditanya berapa hasil nya, gw bisa bilang penghasilan bulan pertama gw di Elance 2 kali lipat gaji gw dikantor, tapi ya gt namapun freelance ada pasang surutnya juga. Ada minggu2 yang gw kaya dikejar setan kerja siang malem, ada juga yang nyante, kaya sekarang, bisa nulis blog lagi akhirnya :D.

Intinya apa?

Working as online freelance is worth to try kalo anda :
- Lagi butuh pemasukan tambahan
- Pede bisa komunikasi bahasa inggris yang baik
- Lagi ada waktu luang buat kerja, karena it's about komitmen. gw pernah nolak 1 kerjaan yang nilanya lumayan karena minggu itu load kerjaan gw lumayan parah.

Sejauh ini gw udah coba beberapa web freelance dan yang nyangkut di hati cuma Elance, mungkin karena udah kadung first love kali yah (apaseeeh).

So ayok deh cuss..ibu2 yang mungkin banyak waktu lowong bisa dicoba, bisa langsung meluncur ke klik ke elance.com yah...

Happy bidding...and good luck...

Kalo ada yang mo nanya2 monggo dikomen ajah :)

Comments

Popular posts from this blog

Alhamdulillah 'Ala Kulli Ni'mah

Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)

Melahirkan Dengan BPJS Kesehatan