Mustafa's Milestone (1-3 Mth)

Aloha everyone..
Well, yang mana daripada sekarang status sudah berubah menjadi seorang 'Ibu', jadi practically semua cerita, perhatian, tertuju pada anak.

Sejak melahirkan Mustafa ditanggal cantik 12-12-2010 jam 12 siang hehehe (keren yaa...padahal ga terencana lohh), hidupku berubah 180 derajat. Bagi yang kenal aku secara pribadi, pastinya taulah ura itu orangnya malesss, tukang tidur, moody abiees, suka marah2 ga jelas (walopun abis itu suka nyesel), kalo pengen sesuatu ga bisa ditahan, suka nekat, dan segambreng sifat buruk yang lain. Tapi semuanya perlahan2 memudar dengan kehadiran si bocil nan lucu.

1-2 minggu pertama hidup Mustafa, diisi dengan tangisan dan begadang yang edan-edanan.sumpah ya tu bocah bener2 kuat melek dari jam 11 malem ampe jam 4 subuh T_T, dan itu berlaku everyday, pingsan ga loo? tapi entah dari mana asalnya kekuatan itu, alhamdulillah aku ga sampe pingsan bin semaput beneran, dan sanggup meladeni rewel begadangnya dia (sambil senewen liat si mas ngorok kenceng). Buat aku so far ini masa2 terberat phase awal menjadi Ibu. Bekas jahitan SC yang masih nyut2an, batuk parah lebih seminggu, Asi ga keluar sampe 3 hari, mustafa rewel karena laper dan kuning, adaptasi tinggal dengan mertua, baby blues, puting lecet ga karuan ampe berdarah2, dan lain lain yang akumulasi semuanya lumayan bikin setress. sampai akhirnya aku memutuskan buat ngerawat mustafa sendiri (yes, bener2 sendiri) di kontrakan tanpa mertua. Bukan karena aku ga butuh mertua sebagai sosok pengganti orang tua, tapi karena aku mikir, aku harus rileks, santai, enjoy, supaya ASI ku keluar lancar, dan aku tipikal orang yang mandiri dan suka melakukan semuanya sendiri. Akhirnya, Mustafa pun aku bawa ke kontrakan sama Mas, ibuku dari makassar dateng nemenin seminggu dan selebihnya sampai hampir dua bulan lebih aku bener2 berjuang ngerawat Mustafa sendiri (eh berdua deng sama Mas hehe)

Aku tau aku bukan superwoman yang bisa mengerjakan segambreng kerjaan rumah barengan sama ngurus bayiku, makanya aku bayar tetangga utuk bantu2 masak dan nyetrika. Kenapa masak? karena aku harus makan makanan yang bergizi biar ASI ku tetep lancar. Sementara kalo aku masak sendiri, takutnya aku jadi males masak kalo udah rempong sama bayi. dan kenapa cuman nyetrika ga sekalian nyuci, karena mas itu org nya suka nyuci bajunya sendiri, jadi dia kekeuh urusan cuci-mencuci masih bsa dia handle.

Alhamdulillah, Mustafa melewati bulan pertama hidupnya dengan sehat. Bahagia rasanya waktu akhir bulan pertama dia sudah bisa lacth on dengan benar, walopun again, aku harus berdamai dengan keadaan yang ga pengen aku ceritain disini (well, someday i'll tell). Perlahan-lahan ritme mimik dan tidurnya mulai teratur, istirahat aku juga mulai teratur. Berat badan nya juga udah naik dari lahir 2,9 naik 400 gram jadi 3,1. tapi tetep menurut dokter masih kurang dan aku ditantangin bulan depannya mesti naik jadi 4 kg. Milestone nya sendiri, belum banyak sih ya waktu itu, standarlah bayi sebulan bisa apa selain bobo, nenen, ee, pipis dan bobo lagi dan nenen lagi hehehe.

Ini poto si baby bala-bala waktu sebulan, bobo mulukkk heheh


Bulan kedua, sudah mulai senyam senyum, matanya juga sudah mulai melihat sepertinya, dan mungkin karena ini juga dia kembali jadi hobiiiii banget begadang. emang sih siangnya dia tidur bisa seharian pol, paling bangun cuman nenen doang. Dua bulan stengah udah mulai bisa diajak main, udah ngeh sama bunyi2an, apalagi bunyi klintingan dari sisir nya hehehe, pasti langsung clengak clinguk cari sumber nya.

Bulan ketiga, sudah semakin attraktif diajak main, cengar cengir, ngomong au au ga jelas, waaahh pokoknya lutuuuuu deh. Apalagi aku udah mulai masuk kerja, jadi makin kenjen tiap ngebayangin senyumnya dia T_T.......BB nya sekarang udah 5,4. Standarlah tidak terlalu gemuk dan kurus. Aku sekarang lebih giat aja ngelatih dia untuk tengkurep. Setiap ngajak main aku miring2in, biasanya sih kalo udah dimiringin dia bakal ngeguling pengen tengkurep tapi yang ada malah tangan sebelahnya ketindihan dan doski jadi bete mewek hehehe....

Oya, sekarang dia juga udah bisa digendong duduk loohh,, huh syenengnya minta ampun kalo udah digendong begini, bosen kali ya digendong baring mulu ngadep atas, ga bisa liat kanan kiri hehehe...dan minggu depan rencananya aku dan Mas mau ngajak dia berenang, kmarin udah beliin neck ring, mudah-mudahan berhasil :-)

Lopyuhhhh gantenggg

Comments

Popular posts from this blog

Alhamdulillah 'Ala Kulli Ni'mah

Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)

Melahirkan Dengan BPJS Kesehatan