Melahirkan Dengan BPJS Kesehatan

Nah ini dia nih postingan yang 'mungkin' agak ditunggu tunggu oleh beberapa orang hehehe (GR amat ada yang baca mba'?) yaah..walopun sedikit yang baca tapi yang penting bermanfaat ya kan (tumben bijak)..

Jadi, waktu usia hamil hampir sembilan bulan gw disarankan mertua untuk bikin kartu BPJS. Kenapa? karena konon manfaatnya banyak sekali termasuk salah satunya bisa cover untuk lahiran. Tentunya sebagai warga negara yang baik dan seneng dengan hal-hal berbau murah (tapi ga murahan *apasieeh*) akhirnya daku pun semangat 45 untuk daftar si BPJS Kesehatan ini.

Cerita soal ngurus BPJS nya udah pernah diposting disini ya..

Jadi bagaimana caranya bisa lahiran dengan kartu BPJS?.
Langkah pertama ya harus periksa kehamilan dulu di fasilitas kesehatan yang ada di kartu. Kalo gw ya di Puskesmas Duren Sawit. Puskesmas Duren Sawit ini lumayan lengkap, sampe rumah bersalinnya juga ada. Cek punya cek di bidan, gw dirujuk untuk periksa di RS ajah karena punya riwayat SC sebelumnya. Kebetulan RS tempat gw cek up selama ini yaitu Bunda Aliyah memang punya kerjasama dengan BPJS juga, jadi rujuk deh cek up kesana. Prosedurnya bawa surat rujukan asli dari bidan dan fotokopi masing2 4 lembar kartu BPJS dan KTP, biaya konsultasi ditanggung BPJS kecuali untuk USG itu bayar ndiri. Dari hasil cek up akhirnya dokter ga nyaranin untuk lahiran normal karena posisi bayi masih tinggi dan beresiko untuk bekas SC nya. Saat itu juga akhirnya bikin appointment untuk SC.

Kira-kira 3 hari sebelum jadwal appointment SC dengan dokter, gw ke Puskesmas lagi untuk minta surat rujukan lahiran SC. Fyi, surat rujukan hanya berlaku untuk sekali pakai dan ada time limit nya kalo ga salah seminggu. Jadi ketika hari H lahiran gw bawa Surat rujukan asli untuk SC di Bunda Aliyah + 4 lembar fotokopi kartu BPJS + 4 lembar fotokopi KTP + bukti pembayaran terakhir Premi BPJS (dalam hal ini karena gw bayar di ATM jadi yang dikasi struk ATM nya).
Sebelum tindakan SC, suami sempat dikasi list item yang tidak ditanggung oleh RS dan harus dibeli di apotik, kalo ga salah itu ada gelang pasien ibu + anak, pembalut nifas dan disposal underwear, ada juga beberapa obat painkiller yang tidak ditanggung.

Berhubung gw udah pernah ngerasain SC sebelumnya waktu lahiran anak pertama, jadi gw bisa merasakan memang ada perbedaan terutama di lama waktu bius nya. Waktu lahiran Mustafa pasca sc gw baru merasakan sakit krn biusnya habis itu sekitar hampir 12 jam, itu juga gw sempat pingsan (ditidurkan) selama 6 jam lebih, sedangkan SC dengan BPJS ini ga ada deh yang namanya pingsan (ditidurkan) gw melek terus dari mulai sebelum sc sampe tengah malem. Keluar dari ruang operasi juga ga sampe 30 menit langsung berasa cekit2 itu bekas jahitan. Tapi gong dahsyatnya itu ya pas malemnya...alamaaak asli gw ga bisa tidur. Sakitnya nyaingin kontraksi pembukaan 3 gw rasa. Mana masih pake kateter itu selangnya gengges bgt. Sampe panggil suster nanya ini koq sakitnya kebangetan, dijawab iya nanti dikasi pain killer, itupun subuh jam 4 an baru dikasi via suntik.
Dari segi obat juga pastinya beda ya, gw cuma dikasi anti biotik sama asam efenamat untuk anti nyeri nya. Generik semua pastinya.

Kalo dari segi pelayanan gimana? Alhamdulillah gw mengambil keputusan yang tepat untuk soal RS nya karena yang gw rasa sih ga ada perbedaan yang ga mengenakkan untuk pelayanan. Okelah kalo ruang kelas 1 untuk BPJS memang kecilnya kebangetan, tapi all in all di Bunda Aliyah semua suster,bidan dan dokternya helpfull banget dan ramah.

Last but not least nih masalah bayar2an. Gw sama suami sempet deg2an pas hari terakhir disana, karena jujur aja kita ga prepare banyak untuk biayanya kalo2 ada selisih yang harus dibayar...dan ternyataaa sodara2 pas dikasir suami cuma dimintain 11 ribu buat selisih biaya admin *sujud syukur. Jadi total yang kami bayar mulai dari masuk sampe 5 hari 4 malam dirawat ga nyampe 500 rb kayaknya. Mayan banget ya mak!

So begitudeh ceritanya, btw pasca sc kan masih harus kontrol tuh buat jahitannya nah itu masih di cover loh buat sekali kontrol ibu plus kontrol anak. Hamdalah banget deh ya.
Kalo gw pribadi sih cukup puas dan bersyukur bisa dilancarkan semua proses lahiran dengan BPJS ini. Terlepas dari semua kekurangan yang gw sebut diatas sih gw rasa masih bisa dimengerti, ya eyalaah namanya juga bayar premi cuma 60 rb sebulan jadi wajar aja kalo memang pihak RS musti menghemat sana sini soal obat bius dan obat2 lainnya biar ga tekor. Prinsip gw sih namapun lahiran mau ga mau pasti ngerasain yang namanya sakit, jadi ya sutra dinikmati aja proses nya selama semua selamat sehat sentosa.

Tips dikit dari gw nih buat yang mau lahiran pake BPJS juga :

  • Siapkan diri dengan keribetan birokrasi, terutama pas mau minta rujukan, mayan deh ya naik turun tangga minta ttd stempel ina inu dan ingat fotokopi deh itu kartu BPJS dan KTP sebanyak2 nya, i mean it, kalo perlu 20 an rangkap deh buat stok biar ga bulak balik fotokopian.
  • Pastiin dulu konsultasi ke bidan BPJS soal kondisi saat melahirkan, apa bisa normal atau engga, kalo memang kondisi normal dan ga ada kondisi darurat yang complicated ya kudu lahiran di bidan BPJS nya jangan ngelunjak pengen lahiran  di RS krn dijamin ditolak sama RS nya.
  • Jangan malu bertanya, lebih baik lagi langsung ke call center nya BPJS atau ke bidan dan rs terkait kalo ada yang ga dimengerti.
Okedeh...sekian aja cerita soal BPJS kali ini, mudah-mudahan bisa ngasi sedikit pencerahan ya bagi yang membutuhkan info dan testimoni langsung. Ciaobella kakak....

Comments

  1. hi bunda.. Salam kenal ya.. Saat ini saya sedang hamil 6 bln. Dan dr awal sampai dengan saat ini saya kontrol bulanan di RS Bunda Aliyah dgn dokter Sri Pudyastuti. Nah, karena kondisi mata saya minusnya hampir 8 saya agak khawatir jika harus di sc jika lahiran nanti. Melihat isi blog bunda di atas saya pun jg tertarik untuk buat bpjs. Yang ingin saya tanyakan, sebelumnya bunda kontrol dengan dokter siapa di RS Bunda Aliyah? Dan ketika menggunakan bpjs untuk melahirkan secara sc di Bunda Aliyah dng dokter siapa? Apakah pengguna bpjs bisa memilih dokter yg di inginkan untuk membatu kita lahiran secara sc? Minimal dgn dokter yg kita pernah kontrol dengannya sebelum pakai bpjs. Terima kasih sebelumnya ya bunda...

    ReplyDelete
  2. thanks atas sharing info dan pengalamannya
    smoga sukses dan sehat selalu amiiin

    ReplyDelete
  3. Hi Mat, terima kasih udah ninggalin jejak disini :)

    ReplyDelete
  4. Hi Farah,

    waktu itu saya lahiran dengan dokter Siti Musfirah, dan memang bulan2 sebelumnya kontrol nya sama beliau. nanti tinggal bilang aja ke dokter yang dipilih klo mau lahiran pake bpjs :)

    ReplyDelete
  5. Hi bunda, salam kenal ya...
    Tgl 13 ini saya rencana mau sc jg di bunda aliyah.
    Tp sempat kaget td diblg sama org pendaftaran klo bpjs mengcover hanya 5jt untuk operasi cs, lbh dr itu kita tanggung. Trs td jg org pendaftaran nya ksh saya rincian biaya dan diblg klo kls 1 (krn bpjs saya kls 1) dgn biaya 17,8 jt-19jt. Jd sisa nya saya harus bayar yg tdk dicover oleh bpjs. Saya jd bingung bun... Klo memang hrs byr seperti itu better saya pake rujukan bidan bs lbh murah. Mohon pencerahannya bun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba,

      waduh maap nih baru baca saya komen nya, jadi soal SC nya gimana? jadi di bunda aliyah?

      Delete
  6. Hi mba salam kenal...
    Saya selama ini periksa di bunda aliyah juga tp ganti ganti dokter. Saya ada ambien. Bingung bisa lahit normal apa hrs SC nantinya. Kalau dg bpjs untuk lhr normal kan hrs di faskes 1. Nah lbh baik nanya bisa lahir normal atau sc itu ke dokter yg slm ini sy periksa (bunda aliyah) atau sy hrs periksa ke faskes 1 dulu ya buat nanya nya. Mohon masukannya ya mba... Oh ya fyi faskes 1 bpjs sy terdaftar tdk bisa untuk lahiran jd akan dirujuk ke bidan .

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Alhamdulillah 'Ala Kulli Ni'mah

Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)