Last Phase of 2nd Pregnancy

Ga terasa udah masuk bulan terakhir nih...
Perasaan harap-harap cemas plus excited sudah menggerayangi pikiran setiap saat.
Akhirnya wiken kemarin mendobrak rasa malas luar biasa buat beberes kamar belakang. Sebenarnya ga banyak sih yg perlu diberesin, cuman ngeluarin semua baju2 yang udah lama ga kepake karena nantinya lemarinya buat bajunya adek sama ngebuangin barang/kerdus yang udah berdebu. Alhamdulillah kemarin udah selesai tinggal sedikit pengaturan ulang aja lemari dan meja biar kamarnya lebih lega.

Tadinya kan kamar itu mau dibuat kamar anak, tapi trus mikir lagi Mustafa pastinya belum bisa ditinggal bobo sendiri, trus si Papa juga dengan kantor barunya pulang malam mulu, jadi kemungkinan besar ya kita masih tidur bareng di kamar depan. Takutnya useless juga beli furnitur buat kamar belakang. Jadi kepikiran mungkin kita bakal beli box bayi aja buat di adek, selain biar adek "aman" dari tendangan maut kakak nya kalo bobo malem, harga nya juga lebih murah dibanding beli ranjang anak, dan karena kita masih sekamar berempat jadi ga perlu bobol dinding atas buat share ac. solusi hemat untuk sementara intinya.

Ngomong-ngomong soal penghematan, bulan kemarin gw sekeluarga akhirnya ngurus BPJS Kesehatan dong. Dapet info dari mertua soal BPJS ini. Jadi singkat kata BPJS Kesehatan ini bentuk reformasi nya ASKES. Kalo dulu kan yang punya ASKES cuma PNS/TNI ajah, nah BPJS Kesehatan ini sekarang juga diperuntukkan untuk umum dengan cara bayar premi kaya asuransi biasanya, bedanya ya karena punya pemerintah biaya preminya lebih rendah. Gw sekeluarga ambil yang perawatan kelas 1 harga preminya 60 rb perorang perbulan.

Cara registrasinya gimana? ada dua cara sih bisa langsung ke kantor BPJS Kesehatan sesuai domisili di KTP, ambil nomor antrian, isi formulir, bayar premi ke bank, trus balik lagi buat nyetak kartunya. Untuk yang domisili Jakarta Timur kantornya di Jl.Balai Pustaka Rawamangun sebrangnya Apotik Rini. Trus cara lainnya adalah registrasi Online di Web nya trus isi formulir, nanti bakalan dapet email dan nomor virtual account buat transfer premi di bank/atm, terakhir tinggal ke kantor nya deh sambil bawa hardcopy berkas2 yang dibutuhin plus cetak kartu. Gw sendiri kemarin daftar online dan emang sempet susah sih ga dapet emailnya, sepertinya traffic web nya lagi tinggi ape gimana lah, tapi akhirnya bisa juga sih, dan untungnyaaaaa gw daftar online soalnya ternyata pas kekantornya antriannya udah naujubilee, ibu2 samping gw malah udah antri dari subuh katanya (busyet), yaaa maklumlah penduduk endonesia kan masih banyak yang ga melek internet yaa terutama yang kelas bawah dan udah berumur, kemaren karena gw cuma tinggal cetak kartu doang ya ga nyampe 15 menit udah kelar.

Trus manfaat apa saja dari kartu BPJS ini? lebih jelasnya baca aja sendiri di website nya yaa hahahaa (ga membantu), pokoknya karena gw bentar lagi mau lahiran yaa gw cuma cari tau soal manfaat lahiran ajah. Menurut web nya dan nanya2 ke call center nya, melahirkan di cover sampe anak ketiga. Syaratnya yaa kudu lahiran di Fasilitas Kesehatan Primer di daerah domisili masing-masing. Kebetulan di tempat gw ya di puskesmas duren sawit (kalo ga salah bisa pilih juga fasilitas klinik yang kerjasama dengan BPJS Kesehatan ini). Apa yang terjadi kalo ga bisa lahiran di Puskesmas? nanti di Puskesmas akan diberi rujukan ke Rumah Sakit yang bekerjasama juga dengan BPJS, misalnya in case gw nanti harus SC atau Normal tapi dengan kondisi tertentu ya harus ada rujukan dulu dari Puskesmas ke RS, kalau ga ada surat rujukan ya bakal ditolak sama rumah sakitnya.

Gw sendiri baru mau rencana ke bidan puskesmas minggu ini, karena kebetulan di puskesmasnya udah ada USG jadi sekalian aja USG disana plus konsultasi apa gw bisa normal atau harus SC lagi. Whatever the decision sih semoga yang teraman aja buat gw sama si adek.








Comments

Popular posts from this blog

Alhamdulillah 'Ala Kulli Ni'mah

Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)

Melahirkan Dengan BPJS Kesehatan