My Breastfeeding Story

Ini sebenernya draft beberapa bulan kemarin yang kesimpen dan ga sempat di publish.

gara2 liat video ini beberapa hari yang lalu dr twitnya female daily dan sempet gw posting juga di fesbuk, gw sukses termewek-mewek sendiri depan komputer di kantor (untung lg pada konsen ga ada yang ngeh).

Okeh, gw mo bikin pengakuan di blog ini bahwa gw gagal memberikan ASI Exclusive, fyi, istilah ASI Exclusive alias ASIX berarti selama 6 bulan pertama bayi hanya diberi ASI SAJA. Kalo ditanya alasannya kenapa, gw bisa panjang kali lebar kali tinggi njelasinnya. Intinya Mustafa waktu lahir sempet kuning, trus ASI gw mampet sampe seminggu, trus gw setres tingkat tinggi yang akhirnya menyebabkan ASI gw tambah mampet (jangan juga ditanya stressnya kenapa soalnya ini hormonal banget alias baby blues yang hanya orang yang pernah melahirkan yang ngerti rasanya), trus waktu itu lingkungan gw cuman suami yang mendukung, bukan gw menyalahkan MIL dan SIL yang udah maksa2 kasi formula (mungkin itu adalah jalan terbaik waktu itu), tapi cuman mau bilang kalo mau kasi ASIX itu faktor pendukung dari orang serumah PENTING BANGET.

Tapi gw tidak lantas menyerah pada si sufor yang pada awalnya gw anggap racun buat anak gw, meskipun tetep di support dengan sufor, alhamdulillah Mustafa sampai sekarang hampir 8 bulan masih ASI dan produksi ASI yang dikit ini pun masih ada dan mudah-mudahan akan terus ada sampe 2 tahun Aminnnn....

Menanggapi never ending kisruh di dunia per emak an soal sufor vs ASI, buat gw itu personal case bgt. Bersyukurlah kalian para ibu yang bisa kasi ASIX karena itu adalah anugrah tak terhingga setelah punya anak, dan janganlah kalian para ibu yang 'terpaksa' ngasih anaknya sufor merasa bahwa kalian gagal jadi Ibu, dikamus gw ga ada kata gagal jadi Ibu (kecuali kalo lo mbuang anak lo di spbu, itumah sintiangg), c'mon kita sudah berjuang selama 9-10 bulan mengandung, blum lagi proses melahirkan yang whether itu normal or SC tetep sama2 berjuang mempertaruhkan hidup, dan proses mengasuh anak dari lahir sampai sekarang yang ga bisa dianggap sepele, kemudian hanya dengan satu perkara gagal ASIX sampe mencap atau dicap ibu yang gagal??? itu ga bener sama sekali.

Okeh kembali ke soal breastfeeding, jujur itu bukan hal yang mudah di awal. sebulan pertama mustafa, gw ga menikmati sama sekali proses ini, kenapa? karena itu SAKIT BANGET. Orang bilang mungkin karena latch on nya blum bener. Kalo ada yang bilang melahirkan itu sakit, buat gw menyusui juga ga kalah sakit. Nipple sampai berkali2 cracked, bengkak sampe meriang, lelah yang amat sangat karena mustafa bisa nenen sepanjang malam ga mau berenti. pokoknya it's terrible dan awful banget.

Tapi makin kesini kegiatan menyusui semakin menyenangkan terutama ketika mustafa sudah bisa berinteraksi. sudah bisa senyum2, sudah bisa pukul2 gentongnya, ditambah bonus jambak rambut mama dan cakar2 muka mama. Sekarang pose nenennya juga tambah variatif ga cuma bobo miring atau dipangku duduk, tapi kadang minta sambil duduk tegak, sambil tengkurep dikasur, dan ajaibnya semalam bisa bobo sambil nenen nungging, hahahaa....

All i can say, i'm feeling so blessed bisa menyusui anakku. Walaupun dengan kondisi seperti yang gw sebutin diatas. Gw ga mau menyalahkan siapapun atas semua yang terjadi tapi pengalaman ini membuat gw belajar untuk anak kedua Insya Allah bisa full ASIX. Amin



Comments

Popular posts from this blog

Alhamdulillah 'Ala Kulli Ni'mah

Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)

Melahirkan Dengan BPJS Kesehatan