Mental Pengusaha vs Mental Karyawan



Which one do you have?
Me? yang terakhir sepertinya, cemen ya, emang!
Dulu jaman saya sudah dewasa (apeeu?) maksudnya udah lulus kuliah dan sudah mulai menentukan masa depan sendiri, tujuan utama saya cuma satu, nyari kerjaan di perusahaan bonafit, punya karir gemilang di bidang yang saya sukai. Ga sama sekali terbersit keinginan buat usaha sendiri, jualan, bla bla...even a lil bit of it. Memang sih saya bukan dr keluarga pengusaha, Ayah saya seorang PNS, Ibu saya IRT tulen len, yang kemudian punya usaha kredit motor kecil-kecilan yang tanpa diduga ternyata income nya bisa membiayai kuliah saya dan 2 adek saya, Gaji PNS ayah saya mah udah kepotong sana sini sama cicilan ini itu.

Ga lama setelah saya lulus kuliah, saya diterima kerja di salah satu Management Mall di Makassar sebagai PR. Seneng dong yaa luar biasaa, selain karena saya emang lulusan PR, rasanya kerenn aja gitulohh bisa jadi PR di Mall itu, dimana yang saya tau para mantan PR sono tuh orang2 keren, yang mana berarti saya juga keren bisa keterima (cuihh, tolong jgn muntah baca ini), jadilah saya yg fresh from the oven ini tanpa ba bi bu menerima tawaran itu. Padahal gaji nya mah yaa standard bgt, tunjangan pun tak dapat, jauh pula dr rumah saya, stengah gaji juga abis bis buat transport pete2, akhir bulan udah ngemis2 juga sama ortu, dan sukses mendapat cibiran dr Ayah.."kerja apa itu? pulang malam terus, sabtu minggu juga masuk, tidak dpt lemburan...and so on...and so on"...saya senyum kecut aja dengerinnya.

Enam bulan bertahan di kantor itu, saya akhirnya pasrah dengan skenario yang ditawarin ayah saya, yaitu jadi PNS. jujur ya dari dulu saya ga pernah minat jadi PNS, di mata saya PNS itu kerjanya ga jelas, membosankan,masuk siang pulang siang lebih dikit, ga ada peningkatan kualitas, bergaul sama bapak2 yang kerjanya ngerokok sambil gosip2...sori yaa yang PNS....ini menurut saya lohhh...padahal Ayah saya sih ga termasuk kaum2 itu, Ayah ga pernah ga sibuk,
Ayah yang saya tau berdedikasi full sama kerjaan, mungkin karena beliau juga udah punya "Jabatan" yang lumayan. Maka resign lah saya di Management Mall, dan bersedia pindah ke DATI II alias kabupaten tempat Ayah saya bekerja, Saya ditempatkan di bagian Humas, yang masih ada kaitan sama background saya, dimana saat itu status saya pegawai honorer, job desk saya waktu itu: ngumpulin berita, gunting2, di klipping macem bikin tugas sekolah dulu, gosip2 cantik sama ibu2, ikutan dampingin kabag saya kalo dines ke desa ini itu....boring? yes absolutely....saya protes ke Ayah, trus kapan saya jadi PNS nya?, ayah bilang ya ntar tergantung nasib kapan kamu diangkat? kalo beruntung bisa kurang dari 5 tahun? WHATTT? 5 TAHUN ITU LAMA AYAHH??? umur segitu mah saya seharusnya udah punya anak 2 (pdhal waktu itu punya pacar aja cuma ldr, yang akhirnya jadi suami saya juga sekarang)...6 bulan saya bertahan dengan kondiri ini, sampe puncaknya saya berantem hebat sama Ayah, dan Kabur manis ke JAKARTA.

Kaburnya tentu saja penuh drama tangis2an antara saya dan orang tua. Jadi saya critanya ke Jakarta mau tes di kementrian A, udah lulus berkas trus kudu tes tulis dijakarta, trus karena musti nunggu pengumuman lebih dr seminggu, saya mutusin ngekos dulu di Jakarta sambil nunggu pengumumannya, dan ternyata eke GA LULUS aja dong hahaha, dan karena faktor punya pacar org jakarta, jadilah si pacar ngeracunin saya buat cari kerja disini. Hebohlah org dikampung, ngatain saya ngejar2 cowo ke Jakarta..bla...bla...saya ga peduli. This is my Life, I can't let anyone decide what to do in my life...ciehh maklum jiwa muda masih membara bara waktu itu. Saya bilang ke Ibu, kasi saya waktu 3 bulan, kalo ga dapet kerja dalam waktu itu saya akan balik ke kampung, tapi kalo saya dapet kerja Ibu Ayah harus ikhlaskan jalan yang saya pilih, tentu saja ngomong ini sambil berurai ir mata, drama abisss. pacar cuma bisa ngasih muka prihatin.

Berbekal tabungan dan sokongan dana dr pacar, saya pontang panting cari kerja di jakarta, jangan kira saya interview kemana2 dianterin beliau, enggak...saya naik bis, ojek, bajaj SENDIRI (pegimanah ini? dia yang nyuru nyari kerja trus ga dianterin *mewwekk* untung saya cinta mati *cuih*). 1, 5 bulan ga dapet kerja akhirnya saya frustasi sendiri...kerjanya nangis mulu tiap malem. Sampe akhinya pacar bilang perusahaan dia punya sister company baru dan lagi buka lowongan. Berkat boss cantiknya yang baik hati, akhirnya saya KETERIMA. Senengggg luar biasa, dan berakhirlah perjalanan interview kesana kemari saya, karena saya sampe sekarang MASIh diperusahaan yang sama.

Betah banget mbak, sampe 4 tahun??? harus saya akui saya memang cinta mati sama perusahaan ini. Gimana engga? milestone hidup saya dijalani disini, pacaran, menikah, sampe punya anak sekarang. Walopun saya ini sudah termasuk 'karyawan buluk' karena junior2 saya sudah bersileweran keluar masuk, tapi alhamdulillah saya masih dianggap produktif disini. Tapi yaa tidak munafik, rasa bosan, pengen pindah itu masih ada banget.

Kemudian saya berfikir, jika saya pindah ke perusahaan lain, siklusnya akan tetap begitu, kalo beruntung dan betah saya akan kembali ke phase bosan dan kemudian saya akan cari lagi perusahaan lainnya. Kenapa saya tidak mencoba keluar dari siklus ini dan menemukan hal lain yaitu berwirausaha. Apalagi status saya sekarang seorang ibu. Jujur, sekarang saya sudah tidak tertarik dengan jenjang karir, saya kerja semata buat membantu keuangan keluarga, nothing more.

Suami saya, sudah lebih dahulu 'nekat' resign dari perusahaan agency besar yang dulu dia idam2kan demi cita2 menjadi freelancer. Sudah sebulan dia menjalani nya. Mungkin ini juga rejeki anak, alhamdulillah dalam sebulan ini dapet beberapa job, yang bisa buat tabungan. dan disaat2 beliau sedang menikmati euforia bisa kerja dirumah, datanglah tawaran kerja tetap...gajinya lumayan banget. lokasinya juga bukan daerah macet, dan katanya lingkungan kerjanya enak. dan sekarang dia sedang bingung, karena setelah ttd kontrak kemarin, ehh ndilalah hari ini dapet lagi tawaran kerja buat freelance...saya ga tau harus senang atau ikutan bingung dengan kondisi ini. Jujur, selama sebulan suami freelance, saya senang ada yang anter jemput, suami juga bisa meluangkan waktu buat ngajak main anak, tapiii dibalik semua itu saya deg2an ...akankah bulan depan ada tawaran project lagi, kalo hanya bertahan dengan single income dari saya juga rasanya ga mungkin....

Then i told my husband, sorry to say, saya masih bermental karyawan saat ini, kalau pendapat saya adalah you better take that full time job. Suami langsung muka lempeng hehehee karena saya tau dia sebenarnya ingin saya milih opsi kedua.

Sorry husband....

Moral story : mau jadi wirausaha itu ga cuma butuh modal, tapi mental yang kuat. dan saya yakin kami (saya dan suami) sedang dalam proses itu....akan ada saat dimana kami akan bilang "THIS IS IT, THIS IS THE TIME" dan ketika saat itu tiba...mau ujian sebesar apapun kami pasti bisa menghadapinya, AMIN YA RABBAL ALAMIN


(ihh...baru nyadar kalo yg nyambung sama judul cuma paragraf terakhir, yg lainnya curcol hahaha...)



Comments

Popular posts from this blog

Alhamdulillah 'Ala Kulli Ni'mah

Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)

Melahirkan Dengan BPJS Kesehatan