Menyapih Mustafa at Last (NOT)

Skip cerita soal lebaran kali ini ya...
Abis bingung juga yang mo diceritain apa wong cuma dirumah bengong liat2an bertiga seminggu hehehe...

Back to topic...

So, it started last month waktu abis mudik dari Makassar. Seminggu bareng si Bayi mudik ke kampung halaman kakek nenek dan selama itu Mustafa nenen intens banget. Non stop deh siang malem padahal tauk deh ASI nya masih keluar apa ga, yang dia mau cuma neplok di dada emaknya. Gong nya waktu perjalanan balik dari Bone ke Makassar, aseli sepanjang perjalanan kurleb 5 jam dengan mobil si anak maunya nenen mulu sampe lecet dan perih. Besoknya sampai di Jakarta, aku mutusin untuk stop sementara nenennya, karena Puting udah perihh banget. Dia tentcyu saja mencak2, mau nenen aku bilangin ga yaa..nenennya lagi sakit, ngamuk2, narik2 baju, sampe nangis dan berenti sendiri karena udah kecapean. Itu kejadiannya Pas mo bobo siang dan berulang lagi sebelum bobo malem.

Besoknya, ajaibb....dia ga minta nenen lagi, mungkin udah ngerti kali yaa...kalo dia minta ga bakal aku kasi, and i thought this weaning process works smoothly....ga sesusah yang aku pikirin ternyata. ya pake drama sih anaknya tapi masih bisa diatasilah. Hal ini berlangsung kurleb 2- 3 minggu.

Tapiii....ternyata proses menyapih bukan hanya pembelajaran untuk si Anak agar bisa lepas nenen, tapi juga si Ibu nya mesti ikhlas, kuat untuk berhenti menyusui si Anak, which in my case, it's really...really hard. Ibarat orang pacaran yang LDR rasanyaa kalo malem ngelonin Mustafa ada yang hilang, rasanyaa aku koq ga relaa ga bisa nyusuin sambil meluk-meluk dia, rasanyaa kangen pengen nyusuin, and the worst happen is i started to blame my self koq bisa target menyusui 2 tahun tidak terpenuhi sih??? nangis bombay deh....

Ya apa mau dikata ya pemirsa, ASI ku emang bener2 udah ga keluar sama sekali, jadi kalaupun aku membiarkan Mustafa tetap nenen ya cuma mentil alias ngempeng doang, which i know ga bagus untuk dia. Struktur giginya bisa ga bagus, selain itu aku merasa dia harus mulai belajar mandiri salah satunya ya dengan lepas nenen ini. Jadi dalam hal ini yang menjadi sandungan proses menyapih ini bukan Mustafa nya tapi Aku, Ibunya.

Last weekend, karena lagi PMS juga kali ya, tiba2 pas mau bobo malem mustafa inget pengen nenen, udah berusaha cuek pas dia narik2 baju, udah ngasih penjelasan ga nenen ya nak, tafa udah gede, bukan adek bayi lagi. huh ga ngaruh tetep aja dia ngamuk, tau aja sih emaknya lagi labil, akhirnya disodorin lagi deh tuh sampe dia bobo, and its going on and on again on the next day....GATOT deh...

Susah bener ya mau konsisten, aku ga sanggup deh liat dia ngamuk, tapi ga sanggup juga musti ngikutin cara2 ibu2 lain, kaya pake plester, ngolesin ramuan jamu dll...i don't want that way...pengennya semua berjalan secara alami, dimana aku nya bisa ikhlas berhenti nyusuin, bisa siap lahir batin menangani kalo dia ngamuk minta nen...i hope i reach that phase soon.

Mohon doanya qaqaaaaaaa *pasang ikat kepala

Comments

Popular posts from this blog

Alhamdulillah 'Ala Kulli Ni'mah

Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)

Melahirkan Dengan BPJS Kesehatan