Tentang Hamil Anggur (Mola Hidatidosa)

Cuma sekedar share pengalaman yang pernah saya alami sekitar dua tahun yang lalu.

Jadi setelah menikah, Juli 2009 saya dan suami cukup surprise ketika sebulan setelahnya saya sudah telat haid. Bukannya ga pengen punya anak, tapi pada awal menikah saya dan suami memang sepakat untuk 'ntar dulu deh punya anaknya', alasannya semata karena kami pikir kami butuh 'sedikit' lagi waktu untuk mempersiapkan diri secara mental dan materi. 

Setelah telat sekitar 3 hari saya pun memberanikan diri untuk membeli yang namanya tespek untuk pertama kalinya, dan sangat bahagia ketika mengetahui bahwa hasilnya positif. Rasanya ga percaya aja, secepat ini akan dikaruniai anak. Seminggu setelah itu saya pun cek up ke dokter di RS Puri Cinere dengan dokter Dewi Ratih atas rekomendasi salah satu temen yang juga hamil dan cek up ke dokter ini. Pada saat cek up awal tersebut dokter memastikan saya memang hamil, karena ketika di USG sudah tampak kantong janin yang berbentuk bulat di rahim saya, tapi untuk janinnya sendiri belum keliahatan katanya, hanya ada satu titik hitam yang 'diasumsikan' sebagai janin. Kata dokter masih wajar karena saat itu usia kehamilan saya baru 4 minggu dan disuruh datang cek up 4 minggu lagi alias bulan depannya.

Selama kehamilan saya merasakan mual yang luaaaarrr biasaaaa, which is saya dan suami anggap wajar. yaa namapun hamil muda ya. Saya ngga nafsu makan sama sekali, mual minta ampun tapi anehnya ga bisa muntah. Sampai akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu tiba untuk cek up kedua. Saya dengan wajar berbinar dan hati yang berbuncah ke dokter yang sama. Inilah saat-saat menegangkan terjadi.

Saat usg dokter tidak menemukan ada detak jantung janin, sementara kalau dihitung dari usia kehamilan 8 minggu harusnya sudah ada. selain itu dokter menunjukkan ke saya di layar monitor usg, kantong janin saya tidak berbentuk yang seharusnya. Pada kehamilan normal, harusnya kantong janin berbentung bulat (walaupun tidak bulat dalam arti bener2 bulat kaya bola gitu, bisa lonjong, atau pipih tapi berupa satu kesatuan) sementara punya saya terlihat seperti terkoyak-koyak. Vonis sementara dokter saat itu janin saya meninggal. Deg...

Saya shock luar biasa mendengar vonis tersebut, air mata udah tumpah setumpah-tumpahnya. pikiran saya saat itu, how come? did i kill my baby? what did i do?. rasanya ga bisa terima ajah dengar vonis dokter. kemudian dokter sempat menawarkan second opinion ke dokter lain di rs yang sama. saya pun mengiyakan. tapi hasilnya tetap sama, tidak ada tanda-tanda kehidupan janin di rahim saya, dan tindakannya adalah saya harus dikuret secepatnya. Dokter menawarkan untuk segera mendaftar di suster dan admin RS dan melakukan cek darah bla bla di lab. 

Saat itu saya bener-bener ga bisa mikir jernih, all i can hear is the sound in my head 'i might be kill this baby'. Suami juga udah kelihatan pasrah ketika saya akhirnya setuju untuk kuret, ke lab cek darah bla..bla...daftar di admin untuk jadwal kuret besok dan dijelaskan prosedurnya.

Pulang kerumah saya non stop nangis sampai malam. Suami pun udah ga bisa berkata-kata untuk menenangkan saya. Saya sampe mikir apa saya 'ketulah' karena sebelumnya belum pengen dikasi anak tau-tau hamil dan sekarang diambil lagi sama Allah. Saya ga bisa mikir hikmah apa dibalik semua ini. Besok hari nya saya ditelp rumah sakit Puri Cinere untuk konfirm jadwal kuret dan saya batalkan akhirnya karena saya masih penasaran dan masih berharap ada keajaiban salah vonis oleh dokter, saya berusaha mengingkari hasil usg kemarin dan memutuskan untuk cek up ke dokter lain. 

Setelah tanya sana sini ke temen tentang rs yang rekomen, akhirnya saya ke dokter Bambang di RS Asih. keajaiban yang saya harapkan pun lenyap ketika megetahui hasil USG sama aja dengan sebelumnya. tidak ada tanda-tanda kehidupan janin, tapi yang membuat saya lega adalah vonis dokter bahwa janin saya bukan meninggal tapi memang gagal terbentuk. ini buat saya beda loh, walopun ujung2nya ya sama juga dikuret. Dokter pun menduga ini adalah Mola Hidatidosa atau orang awam sering sebut Hamil Anggur. Penyebabnya bisa macam-macam, bisa karena kekurangan gizi atau ada kelainan kromosom dari sperma atau telur sehingga janin gagal terbentuk, dugaan dokter mungkin yang kedua, ya masa iyaa saya kekurangan gizi, walopun mual juga saya tetep banyak makan -___-.

Besoknya saya diminta ke lab prodia untuk cek kadar HCG. jadi HCG ini adalah salah satu yang terdeteksi ketika seseorang dinyatakan hamil. pada hamil anggur kadar HCG nya jauuuuuhhh diatas normal, jadi misalnya normal nya umur kehamilan 8 minggu itu kadar hcg nya 300 nah saya waktu itu 3000, misalnya yaa saya lupa soalnya detail angkanya.

Janjian kuret sama dokter bambang 2 hari stelahnya, saya sudah ga terlalu sedih, sudah lebih tenang dan sudah berhenti menyalahkan diri saya sendiri atas kejadian ini. lebih pasrah lah pokoknya. mana si dokter pake acara ada operasi SC darurat, jadi harus nunggu sampe jam 10 malam baru dikuret, dan udah puasa dari jam 2 huhuhuuu haus laper minta ampun deh.

Kuret berjalan lancar, kecuali rasa awkward yang banget2 awalnya karena musti 'dipamer' dan 'diubek-ubek' sama suster dan dokter dalam keadaan ngangkang huhuhuuu. kuret nya saya dibius total sehingga ga ada rasa sakit sama sekali, 2 jam kemudian saya sudah sadar tapi masih teler dengan suami disamping saya tersenyum sambil elus-elus kepala saya, hukzz terharu deh kalo ingat momen ini.

Saya diminta untuk stay di rs semalam untuk di observasi, sambil tetap diinfus dengan cairan berwarna kuning yang kata suster adalah obat untuk menurunkan kadar HGC. Besoknya, suster membawakan saya hasil kuret di botol kecil gt, yang memang penampakannya seperti gerombolan anggur yg lengket dibatang. Dijelaskan oleh suster bahwa yang tampak seperti anggur itu adalah sel plasenta yang berkembang lebih dari yang seharusnya, intinya kalo kehamilan normal yang tumbuh itu kan janinnya, kalo kasus Mola ini yang tumbuh adalah plasentanya. Dan sel Mola ini bisa berbahaya kalau tidak secepatnya dikuret, karena akan terus berkembang dan berkembang sehingga tampak seperti hamil beneran dengan perut membesar, jika sudah membesar maka potensi terjadi pendarahan yang paling fatal ya ada yang samapi meninggal. Ditanyain mau disimpen atau ga, saya jawab ga deh hehehe, takutnya ntar saya jadi sedih kalo ngeliat. 

Siangnya saya sudah boleh pulang, dan dijadwalkan lagi untuk cek up pasca kuret minggu depan. Setelah kuret rasanya rada-rada mules kaya lagi haid, kata susternya itu wajar karena rahim yang membesar kembali menyusut seperti pra hamil. 

Tahap selanjutnya adalah therapy untuk menurunkan kadar HCG saya menjadi normal, yang ternyata butuh waktu. Kata dokter bambang sekitar 2-6  bulan. jadi prosedur singkatnya kurang lebih begini :

Cek hcg dilab prodia --> minum obat (lewat infus/tablet) -->cek ke dokter --> cek hcg di lab --> minum obat --> dst

sampai kadar HCG saya menjadi 0. untuk obatnya sendiri saya lupa namanya (abis ribet gt lah spellingnya) tapi awalnya saya diinfus skitar 6 jam di rs karena obat yang tersedia hanya bentuk cairan (sama seperti ketika saya baru selesai dikuret), bulan berikutnya saya coba minta ke dokter resep obat tablet aja (kebetulan mertua saya pensiunan kimia farma yang ngerti  obat-obatan), dan setelah dicari-cari ternyata ada di apotik rini di rawamangun. konon katanya ini emang obat yang jarang dijual dibanyak apotik, sehingga kebanyakan memang tersedia hanya dalam bentuk cairan. 

Alhamdulillah therapy bolak balik lab prodia, dokter, minum obat, di kasus saya hanya berlangsung 2 bulan, dan kadar hcg saya pun jadi 0. pas baca hasil lab di prodia saya udah mau jingkrak2 aja rasanya. seneng banget...akhirnyaaaa....bukan apa2 sih, bokek juga pemirsa bolak-balik terapi gini -___-

Ketika ngeliatin hasil lab ke dokter pun dokter sudah memperbolehkan saya untuk hamil lagi, suami saya pun cuman nyegir.

Moral story nya adalah :
  • Selalu coba cari second opinion dari vonis yang diberikan dokter, jangan buru-buru ambil keputusan, cari informasi dari sumber yang terpercaya. 
Sekian sharing saya kali ini, semoga bermanfaat dari sekian banyak postingan ga bermanfaat saya lainnya di blog ini hahahaha...

*Pegel juga ya mak 2,5 jam ngetik :p

Dadah...dadah..

Comments

  1. cukup syok juga awal saya membaca kalau di vonis was killed baby, memang kita ga pernah tau apa yang akan terjadi ketika hamil. Saya tertarik membaca artikel ini kebetulan juga saya tertarik nulis artikkel yang membahas hamil anggur soalnya kebetulan juga sdang hamil, alhamdulillah ada tanda kehidupan dan dedek bayi sering nendang gtu sampe perih perut rasanya di tendangi terus. Owh ya mba,, saya boleh nulis ulang artikel pengalaman mba ini, untuk saya publikasi ulang di blog saya?
    kunjugnijuga mba blog saya ini : http://www.areabumil.com/2016/02/apa-itu-molahidatidosa-atau-hamil-anggur.html

    ReplyDelete
  2. Obat apa yg di kasih.. untuk menurunkan bthcg?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Alhamdulillah 'Ala Kulli Ni'mah

Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)

Melahirkan Dengan BPJS Kesehatan