Childhood Memory

Semalem pas lagi ngelonin Mustafa, berdua doang dikamar karena Papa nya belum pulang, tiba2 sambil bengong gt gw keingetan kampung halaman nenek di Sulawesi.

Nenek or i usually called her Indo, adalah yang ngasuh gw sejak kecil. Ortu sempet tugas lama di Timor-timur, dan gw dititipin ke Indo beberapa tahun waktu gw SD.

Beberapa kali gw sempet nanya ke suami "gimana ya rasanya hidup dalam lingkungan yang sama sejak kecil?", i mean my husband lived here di Duren Sawit sejak dia TK (sebelumnya Mertua masih ngontrak di daerah menteng), SD nya deket sini, SMP juga cuma selemparan kolor dari rumahnya, SMA agak jauhan dikit di Tebet, kuliah baru dia pisah sama Ortunya ke Solo. Temen2 masa kecilnya semua disini. Dia cerita dulu di deket Gereja Santa Anna itu tempat pembuangan mayat orang2 pembangkang Soeharto, jadi ga ada yang mau lewat situ karena rada spooky gt. Kompleks kavling AL yang sekarang gw tinggalin juga dulu masih hutan rawa2, dan dia sering maen sama temennya nangkepin serangga dll disitu.

Sangat jauh berbeda dari gw. Dari kecil gw hidup pindah-pindah. Lahir di kampung Indo di Siwa, ditinggal Ayah ke Tim-Tim, pas umur dua tahun di jemput Ayah lagi diboyong beserta Ibu ke Tim-Tim, sampe kelas 1 SD, naik kelas 2 gw dibawa lagi sama Indo ke Siwa sampe kelas 5 SD, kelas 6 balik lagi gw ke Tim-tim, SMP balik lagi gw di Makassar (ribet bener yaa hidup gw bolak-balik, jaman dahulu ga naik pesawat lohhh secara mahal gitu loh, jadi naik kapal laut Tim-tim-sulsel 4 hari 3 malam, sedaaap kaaan), tamat SMP mau masuk SMA gw di sekolahin di pesantren di Ponorogo, dan saat masih di Ponorogo terjadi peristiwa tim-tim pisah dari Indo tahun 99, yang akhirnya memaksa ortu gw mau ga mau pulkam deh Sulawesi. Rumah kita di sana ditinggal begitu saja, barang2 yang sempat dibawa diangkut pake kapal, sisanya ya udah diikhlasin aja ditinggal, yaaa daripada kita ditembakin satu-satu sama pemberontak tim-tim yaaa, gw ga ada disana saat keadaan genting itu, gw cuma denger berita di radio di pesantren pas hari jajak pendapat itu dan ada kalii semingguan gw nangis mulu sedih ngebayangin semua yang harus ditinggalin di tim-tim, ga cuma rumah tapi teman-teman, tetangga yang udah kaya sodara (karena kita sesama pendatang), sekolah gw, pantai indah depan rumah, semuanyaa, sampe sekarang kalo ingat bikin dada gw sesek.

So intinya gw ga punya childhood memory sebanyak suami gw. Kadang gw ngiri sama dia kalo reunian SD, lah gw temen SD aja mencar2 udah ga tau kemana (beberapa masih ada sih yang komunikasi di FB). Gw pengen flashback ke tempat masa kecil gw tapi itu berarti harus bikin paspor ke tim-tim, and i will do it someday, gw hanya punya sedikit kenangan masa kecil yang indah karena selama hidup dengan Indo gw dikekep mulu dirumah ga boleh kemana-mana (sampe kemping pramuka juga Indo mesti ikut loh bobo di kemah gw, which is kemahnya di lapangan depan rumah, suerrr ga boong).

I didn't blame my parents for what happened to me, mungkin memang saat itu ortu gw belum dalam keadaan keuangan yang baik seperti sekarang, dan menitipkan anak ke neneknya adalah yang terbaik, dan itu juga yang gw lakuin ke Mustafa sekarang. Tapi at least, belajar dari apa yang sudah gw jalani, apa yang gw rasain suram di masa kecil gw, sebisa mungkin Mustafa tidak mengalaminya. Itulah mengapa gw masih merasa gw perlu Bekerja, supaya kebutuhan Mustafa bisa terpenuhi dengan Baik. Mustafa bisa sekolah di sekolah yang Baik, dll. In the other side, walapun gw kerja, malem gw masih bisa quality time dengan dia, weekend sebisa mungkin gw maksimalin ngurus dia sendiri, sampe2 gw mengesampingkan kesennagan gw sendiri (sekalian curcol iniih karena voucher spa hangus dan ga jadi nonton gara2 ga tega ninggalin anak hahahaha). Kedepannya gw ga tau apa akan bisa beli rumah sendiri di sini, atau di tempat lain, but i'll make promise dimanapun kita tinggal,anak-anak gw ga akan merasa dirinya terabaikan.

Anyway Happy upcoming mother's Day to all mother, being a mother is the greatest job ever.


Comments

Popular posts from this blog

Alhamdulillah 'Ala Kulli Ni'mah

Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)

Melahirkan Dengan BPJS Kesehatan