We Are Not Superwomen


Beberapa hari yang lalu temen kantor curhat, dia cerita betapa dia merasa exhausted dengan keadaannya saat ini. Jadi rumahnya dia dibekasi selatan nun jauh disana sementara kantor kami di daerah Bangka. Setiap hari dia bolak balik kantor naik motor dengan lama tempuh kurang lebih 2 jam. Setiap weekend juga dia ga bisa leyeh2 istirahat karena dia punya bayi yang masih ASI plus dirumah ga ada pembantu, jadi weekend ya isinya ngurusin rumah (nyuci,nyetrika,de el el) + ngurusin bayi + ngurusin suami. Ngebayanginnya aja rasanya udah cape banget ya…

Gw sendiri pernah ngerasain keadaan yang kurang lebih mirip. Walaupun rumah gw masih masuk daerah Jakarta tapi waktu itu gw kekantor ga bareng suami, tapi naik mobil umum berkali-kali dan lama tempuh yang otomatis lebih panjang dan melelahkan (tau sendiri kan naik bis pagi tuh chaosnya kaya apa) , sampe kadang gw rasanya pengen nangis di terminal kampung melayu yang jorok dan bau pesing itu. Tiap hari bawaannya mewek bilang pengen resign ke suami.  Pokoknya setres tingkat tinggi.

Dibalik semua rasa stess itu sebenernya kita para ibu yang bekerja masih menyimpan ego bahwa kita bisa menaklukkan tantangan jadi ibu yang bekerja dikantor dan dirumah. Some of us did. Mereka bisa jadi excellent both in work and home. Tapi sebagian dari kita mungkin tidak. Buat gw pribadi bukan masalah keseimbangan antara kerjaan kantor dan kerjaan rumah, tapi pada prioritas. Dikantor gw  berusaha memprioritaskan untuk focus ke kerjaan yang bisa gw lakukan dengan baik. Contohnya, gw ga begitu mahir dan lincah dalam menyusun proposal project, dan approach client tapi gw merasa  lebih baik dalam dokumentasi dan management timeline project, jadi gw lebih fokuskan untuk hal tersebut. Memang jadi kesannya gw ga maju-maju gitu ya, mandeg aja gt ngurusin dokumentasi mulu, tapi ya seperti gw bilang diatas gw memilih untuk lebih baik disatu-dua hal daripada tidak sama sekali.

Kemudian dirumah, urusan management kerjaan rumah (apalagi yang ga pake ART) itu lebih berat loh. Kerjaan rumah itu ga ada habisnya kalau mau diturutin. Jadi janganlah kita merasa kita ini bisa jadi superwomen. Beberapa tips yang bisa gw sebutkan disini :
  • ·        Sebisa mungkin berkompromi dengan suami dalam hal membagi kerjaan rumah.  Misalnya gw kalau pagi masak buat bekal makan siang suami, nah suami Alhamdulillah mau kebagian ngurusin anak (mandiin, nemenin minum susu, pakein baju dll), semuanya kalo dilakuin berdua pasti terasa lebih ringan dan dijamin makin cinta juga hihihiii…soalnya gw kalo ngeliat suami mandiin anak sambil bercanda gt rasanyaa hatiku hangat and deep inside my heart I said “Thank God I’m married the right guy”…walopun abis itu kadang berantem lagi sih hahaha…
  • ·        Berdamailah dengan keadaan rumah berantakan. Khususnya yang punya anak balita yang lagi doyan-doyannya berantakin apa-apa seperti anak gw. Memang ga gampang sih. Mungkin sudah naluri yang mendarah daging bahwasanya emak-emak kalo ngeliat berantakan dikit bawaannya spanneng gt, wong gw ngeliat suami ga nutup odol abis mandi aja rasanya udah pengen tereak (why is it so hard to put the amenities on the right place man!). Tapi ya gitu deh kalo mau nurutin rumah musti rapih kinclong setiap saat yaaa siap-siap aja encok pegel atau pingsan sekalian.
  • ·         pleasure your self. Kalo istilah beberapa orang luangkan waktu untuk “Me Time”. Misalnya online shopping kalo habis gajian hihihiiii (pan ga ada waktu tuh pulang kerja ke mall)…yaa bolehlah di sela-sela kerja klak klik OLS asal ga kebablasan aja yaaa ibu-ibu…atau kalo gw kadang-kadang sebelum tidur dengerin musik-musik menenangkan (sambil nulis blog seperti saat ini), bahkan sekali-kali menikmati mandi yang lama abis pulang kerja juga jadi waktu yang menyenangkan buat gw, biar kata dirumah ga punya bathtub . Beda orang beda kesenangan ga harus rumit dan mahal, ibarat hestek #bahagiaitusederhana gituh
  • ·        Last but not least, don’t push yourself dengan standard kesempurnaan yang berlaku. Harus ASI Eksklusif, harus MPASI yang buatan sendiri, dll. Yah kalo setelah berusaha ngasih ASIX Cuma bisa sampe 4 bulan yowes, kalo anak sekali-kali makan chiki bermecin yowes. Intinya mah tetap berusaha ngasih yang terbaik buat anak kan.

Jadi sebagai penutup postingan (yang tumben kali ini serius) bahwasanya gw Cuma mau bilang, baik itu anda ibu yang bekerja dikantor maupun dirumah jangan sok merasa kita superwomen. Tetap hargai diri kita sebagai manusia biasa yang punya kapasitas terbatas. Karena kita semua pengen anak dan suami bahagia so we have to make our self happy first. Ngikutin pepatah “dibalik tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat “ maka “ dibalik anak dan suami yang gendut dan bahagia ada ibu yang yang rajin masak dan rajin online shopping” :D

Sekian…

Comments

Popular posts from this blog

Alhamdulillah 'Ala Kulli Ni'mah

Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)

Melahirkan Dengan BPJS Kesehatan