My Current Sports : Running

As u all know, i'm not into sports at all...waktu masih sekolah pelajaran olahraga itu adalah waktu yang gw pengen di fast forward ajah. bahkan untuk olahraga yang simpel macem lari atau kasti aja gw selalu cari alasan untuk skip :D....

Seiring dengan bertambahnya usia dan kesadaran untuk hidup sehat (ceileeh) gw akhirnya penasaran juga pengen nyobain olahraga yang lagi marak di kalangan urban mama saat ini yaitu Lari alias Running. Alasannya simpel sih, diantara pilihan macam yoga dan nge gym, Lari adalah yang paling masuk akal pengaturan waktunya untuk gw. Gw masih bisa sneaking antara waktu siap2 kekantor pagi2, dan yang terpenting gw ga terikat dengan membership jadi bisa gw atur se fleksibel mungkin. Kalo ada yang bilang Lari adalah olahraga yang "murah" menurut gw sih engga juga karena Lari butuh beberapa perlengkapan perang yang ga bisa dibilang murah juga seperti yang penting kaya sepatu, salah milih sepatu bisa berakibat cedera kan.

So, my morning run officially started a view weeks ago. Suami udah wanti2 untuk ga overdo dulu, secara terakhir gw olahraga itu mungkin udah beberapa tahun yang lalu, jadi takutnya kalo gw terlalu ngepush bisa jadi cidera. Alhamdulillah bulan lalu dapet rejeki lebih jadi bisa buat beli perlengkapan basic yaitu sepatu khusus lari, baju kaos dan celana yang bahannya enak. Sekarang jadi nambah alesan buat shopping deh soalnya makin kesini makin berasa perlu nambah running gears lain kaya armband buat naro hp, topi dll hehehe tapi napsu belenjo ditahan dulu deh yaa, itung2 sebagai rewards nanti kalo gw berhasil meningkatkan milestone gw jadi biar berasa semangat hehehe...

Anyways, biar milestone nya bisa ke track, gw download aplikasi android namanya Endomondo, jadi dia ada fitur buat ngitung distance, pace, hydration, sampe perkiraan kalori yang kebakar, bisa di matchingin sama aplikasi yang buat ngitung kalori makanan itu (entah apa namanya, gw ga donlot), jadi bisa ngukur misalnya gw hari ini makan nasi uduk sepiring kalorinya 300, besok gw musti lari 2 kilo biar kalori 300 kebakar kurang lebih gt. Tapi gw ga segitu2 amat sih, ribet amat hidup gw tiap makan pake ngitung kalori dulu hehehe....sing penting olahraga biar sehat, kalo akhirnya bisa kurus (amiiiinnn) itumah bonus.

Sebagai beginner perlu banget yang namanya exercise bertahap, sejauh ini gw untuk weekdays dimana waku gw sangat terbatas karena musti prepare kekantor dan masakin bekal makan siang suami, biasanya gw start jam 05.15 dan paling lama selesai jam 06.15. itu juga ga tiap hari, diselang seling aja, jadi total sekitar 3 kali seminggu. Larinya juga cuma keliling kompleks AL yang alhamdulillah  lumayan luas dengan jarak 2-3K. kalo pas weekend bisa ke BKT (banjir Kanal Timur) yang jogging track dan pemandangannya lebih uhuy bareng sama warga2 duren sawit lainnya. Gw juga masih combine lari semenit-jalan semenit. Untuk lebih jelasnya tentang exercise bisa dilihat di web ini, its very helpful. Jadi karena goal gw adalah bisa lari 5K nonstop yang mana daripada butuh latihan tidak dalam sekejap jadi metode latihan diatas sepertinya cucok. Walopun dua mingguan ini lutut gw berasa sakit, tapi gw baca info di thread forum di  TUM kalo hal itu wajar terjadi pada beginner runner karena lutut kita mulai membiasakan untuk lari dan akan hilang dengan sendirinya seiring dengan waktu. Mungkin gw masih perlu menambah stretching kaki setelah latihan.


Another privilege i've got adalah waktu untuk diri sendiri alias Me Time saat lari, ngerasain hawa pagi yang masih sejuk banget  itu sesuatu banget deh, ditambah dengerin musik jadi lebih semangat, pulang2 keringetan seger udah disambut muka bantal anak kecil baru bangun rasanya heavenly.

Jadi doakan saya biar bisa istiqomah yaa pemirsa...


Comments

Popular posts from this blog

Alhamdulillah 'Ala Kulli Ni'mah

Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)

Melahirkan Dengan BPJS Kesehatan