Toilet Training Story

Sejak awal hamil Diandra, gw dan suami sudah mulai grasak grusuk mikir gimana caranya biar Mustafa bisa lepas dari yang namanya Pospak (Popok sekali Pake). Selain karena harganya yang lumayan mendominasi pas belanja bulanan, lama2 bosen juga ngurusin pup si anak yang udah bukan bayi itu di pospak. 

Angan2 mustafa bisa lepas pospak tinggalah angan2 semata karena kenyataannya kami ortunya terlalu malas dan cemen kalo mikirin bakal ngurusin ompol dimana2. Yang kejadian seringnya begini, Pas wiken ga dipakein pospak, trus ngomong "tafa kalo mau pipis bilang yaa?..." eeeh anaknya keasikan maen kalo udah ngompol baru bengong trus minta ganti celana...luluh lagi deh dipakein pospak.

Trus pas udah mau mulai cuti lahiran, tekad bulat banget tuh, pokoknya selama cuti kan eike dirumah musti di seriusin nih toilet training, yang terjadi lagi lagi jauh panggang dari api, bukan karena gagal tapi karena emang ortunya terutama mama nya ini terlalu malas berurusan sama ompol dan keburu tersita semua tenaga dan pikiran ke adeknya.

Sampailah kemudian ke 2 minggu terakhir cuti mau abis, iseng belanja bulanan beli training pants di kerfur 50rb dapet dua biji. Trial pertama siang2 gatot, dia ngompol, basah baru bilang mau ganti celana, besoknya trial lagi dirumah eyang...entah si eyang bacain jampi2 apa tau2 sore pulang dia bilang mau pipis ngibrit ke wc dan beneran loh pipis di wc. emak langsung jumawa cium2 si anak kecil, segala puji-pujian dikeluarin.

PR nya tinggal pup nih, secara di eyang kan wc nya duduk dirumah wc jongkok, entah karena emang anaknya udah siap toilet training jadi dia mau aja tuh pup di wc kalo dirumah berdiri tapi, karena kalo jongkok dia agak susah ngangkangnya kelebaran hehehe..just like that....magic yaa...

Dalem hati mikir "heh? gini doang ya ngajarin anak toilet training" sounds to good to be true soalnya, rada ga percaya gt dalam dua hari mustafa bisa full lepas pospak, malem ga ngompol sama sekali. omaigod akhirnyaaaaa troli belanjaku ga penuh lagi sama pospak, well...masih sih punya Diandra, tapi berhubung size nya masih S jadi ga penuh2 amat.

Dan gara2 mikir too good to be true tadi, kena jinx deh...pas maen kerumah temen di cipayung, doi pup dicelana aja dong...errrrrrr....akhirnya pulang2 pake baju anaknya temen deh hehehee...mayan ya taf dapet baju baru sepasang :p. Trus minggu lalu gara2 diajak nonton yang mana dari pada dalem bioskop dingin dia bolak balik wc ga tahan beser akhirnya ngompol terus dan berlanjut dalam 2 hari pas udah kebelet banget baru ngomong yang akhirnya ngompol dikit di celana.

Sekarang sih masih gt, kalo ditanya  "tafa mau pipis ga?" dia jawab engga trus 5 menit kemudian dia lari2 mondar mandir ga jelas nahan pipis. untung emaknya ini paham, langsung seret ke wc. tapi so far sudah bersyukur banget deh dengan progress kilatnya mustafa, selama toilet training ini dia juga akhirnya lepas dari dot, minum susu pake gelas, awalnya anaknya kesel karena pentil dot nya ga enak trus tawarin minum di gelas eh dia mau. Walopun yaa lamaaaaa banget baru abis segelas. Gpp deh nak..

Jampi2 kalimat nya gini (ngomongnya diulang-ulang ke anaknya) :
Tafa kan udah gede, bentar lagi mau sekolah, kalo sekolah harus pipis sendiri, ee sendiri, minum susu sendiri, makan sendiri...(trus anaknya nge beo deh ngomong yang sama)

Terharu juga anakku si bayi gembil dulu sekarang sudah gede, tahun depan udah mau TK *meweeek*


Comments

Popular posts from this blog

Alhamdulillah 'Ala Kulli Ni'mah

Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)

Melahirkan Dengan BPJS Kesehatan