A Reflection of 2014

Salah satu cita cita di tahun 2015 ini adalah pengen lebih sering nulis yang bermutu di Blog. Karena rasanya thats the least i can do daripada otak saya lama2 beku karena jarang dipake mikir. Yeah rite? for you those who think write is an easy thing...hellowww nulis di blog abal-abal begini lo kata ga pake mikir??? hahaha biar kata blog pribadi dan rada nyampah isinya, tapi setidaknya setiap post yang akik publish disini nulisnya pake pemikiran loh. Insya Allah isinya orsinil dan ga njiplak dari mana-mana.

Ngomongin soal tahun baru, pastinya kita suka mikirin refleksi apa yang sudah kita lakukan dan apa yang akan dilakukan kedepannya dong ya. Kali ini gw ga mau bikin resolusi di blog lagi tapi mau nge list apa2 saja yang menurut gw sudah dilakukan di tahun 2014 yang merupakan suatu hal positif sehingga gw layak mengapresiasi diri sendiri atas hal ini :

  • Tahun  ter-rajin banget masak.
Sebenernya motivasi rajin masak adalah karena pengiritan. My hasben itu anaknya kalo dikasi uang jajan lebih dikit boros banget. Jajan ina inu, belum rokoknya. tapi anaknya juga suka denial kalo dituduh banyak jajan. makanya atas nama penghematan (dan kesehatan juga). Gw mutusin untuk ngasih bekel full seharian ke doi. Ga cuman makan siang tapi lengkap sama sarapan dan buah buat ngemil malam jadi ga ada lagi alesan buat dia beli jajanan2 ga jelas itu dikantor. Hasilnya kami lumayan bisa menghemat banyak pengeluaran bulanan. Selain itu buat belanja mingguan gw juga udah ga ke supermarket tapi saban wiken ke pasar, bahkan nyambangin pasar klender yang buka malam dengan harga yang lebih murah dibanding pasar pagi. Ternyata menyenangkan ya pergi kepasar. Selain harganya menyenangkan di dompet, juga komplit dan bisa request sesuai bajet. "Bu lodehan 5000 ya"... "sop2an 5000 ya" dst....dengan demikian seiring dengan akrabnya gw dengan pasar dan kebetahan gw nongkrong di dapur maka level ibu rumah tangga sejati perlahan2 mulai meningkat. Kalo dari skill masak sih masih std aka gitu-gitu ajah. Bukannya ga pengen bisa masak yang complicated kaya rawon, sop buntut dkk tapi ga ada waktunyaa pemirsah. Itu aja masaknya sambil ngawasin dua bocah yang pagi2 kadang udah rebutan perhatian emaknya, sementara bapake asik ngorok. Dan yang paling membanggakan tahun ini akhirnya setelah 5 tahun menikah gw bisa bikin kopi yang kata suami gw enaaaaaak banget. Tahun2 sebelumnya suami gw pagi2 selalu bikin kopi sendiri, karena beberapa kali gw bikinin katanya ga pernah pas rasanya. Entah deh inspirasi dari mana akhirnya suatu pagi gw berhasil bikin kopi yang enak. keterusan deh sekarang minta dibikinin mulu. Gpp juga sih soalnya dia kalo bikin kopi sendiri suka berantakan. Ya tumpahlah..ya toples kaga ditutup lah, bikin gw jadi kerja dua kali.

  • Tahun dimana gw berhasil menaklukkan baby blues syndrom.
As you all know, tahun 2014 gw hamil anak kedua. Beberapa bulan sebelum lahiran gw ga cuma prepare hal-hal yang bersifat fisik tapi juga ke mental. Terutama mental gw sebagai Ibu. Pengalaman di lahiran pertama lumayan ngasih banyak pelajaran ke gw. Waktu itu namanya juga anak pertama, apa2 pengennya bisa perfect. Perfect dimata emak2 jaman sekarang itu: bisa lahiran normal, bisa ngasih asix, bisa bikin mpasi sendiri de el el...tapi ternyata hamba ini hanya manusia biasa yang jauh dari perfect. udahpun ga bisa normal eh ga bisa asix pula. Oleh karena itu di lahiran kedua ini...i don't care of being a perfect mom seperti stereotipe makmak muda tersebut. Perfect versi gw adalah ketika anak gw bisa lahir sehat selamat sentosa mau itu sc atau normal mau itu nantinya asix atau engga. Intinya gw berdamai dengan segala posibiliti yang mungkin ga akan sesuai dengan keinginan awal gw. Makanya ketika gw disarananin untuk ga VBAC sama dokter gw legowo aja nurutin. Sama halnya ketika akhirnya dibulan ketiga Diandra akhirnya di tambahin sufor karena berat badannya minus terus dari yang seharusnya. dari pola pikir yang begini akhirnya gw juga jadi less stress. nangis2 dikit lebay adalaaah pas seminggu ditinggal nyokap balik ke makassar. Tapi selebihnya gw merasa punya newborn kali ini lebih bahagia meskipun diluar hal itu gw sama suami banyak masalah finansial juga. Gw menikmati saat begadang malem2 nyusuin, dan tentunya sangat menikmati hari2 gw 3 bulan magabut hahaha.....

  • Tahun Gw dan Suami berhasil melewati ujian cukup besar dengan senyuman
Mungkin ujian yang gw jalani ga ada apa2nya dibandingin orang lain disana. Makanya gw males mau cerita hal ini sebenarnya karena ga pengen dianggap ga bersyukur. I'm truthfully bersyukur dengan apa yang dikasi Allah saat ini ke gw dan keluarga. Tapi memang tahun 2014 ini kami banyak mengalami masa-masa down. Yang bikin gw bangga dan terharu sama suami dan diri gw sendiri adalah kita bisa mengatasinya tanpa emosi. Biasanya gw kan orangnya suka ekpresif meledak ledak, suami juga gt, tapi kita berusaha lebih banyak bersabar dan bersabar. Alhamdulillah sedikit demi sedikit mulai ada titik cerah. Maybe it's odd to say but i'm happy that we've given such a huge problem because than we've learned so much from that and it made us more respect to each other.

  • Tahun dimana gw berhasil mengabaikan Kado Ulang Tahun
Selayaknya wanita kebanyakan, perayaan ultah atau anniversary2an itu penting buat gw. Sayangnya gw punya suami yang sama sekali ga peduli soal begitu2an. Jadi saban tahun gw selalu kuciwa sendiri karena masih berharap adanya setitik harapan suami dapet hidayah ngasih suprise atau kado apaaaa gt kek yang tentcyu saja tidak pernah kejadian. Tapi tahun ini gw bener2 ga ngarep apa2 sama sekali. Bukan putus asa, tapi emang ngerasa ga perlu aja. Turn out i am happier than ever. Waktu anniversary suami bela2in malem2 baru pulang kantor nyari toko kue yang masih buka buat kita tiup lilin bareng. Dan waktu ultah malem2 suami yang emang hobi begadang ga lupa ngucapin happy birthday dan melakukan hal yang sama paginya with the kids. See husband? i'm that simple...kamu inget aja begini2an aku udah seneng...you're lucky to have me! hahahaha....

  • The Best Year I Spent with My Mother 
Mungkin hanya sedikit orang yang tau kalo i have some issues with my mother. Bukannya suka berantem. Tapi kadang gw ngerasa Ibu ga pernah perhatian ke gw dan sebaliknya Ibu ngerasa gw ga pernah peduli sama keluarga. Jadi gw waktu kecil sempet dititipin ke nenek beberapa tahun. Hal ini menjadikan gw "anak nenek". Sampai beberapa waktu yang lalu gw masih inget rasanya dicuekin sama nyokap sendiri. Ibu lebih sering menserahterimakan urusan tetek bengek gw ke Nenek gw dibanding ngurusin sendiri, contohnya kalo gw lagi sakit dia ga terjun langsung ngompres kepala gw trus peluk2 dan sejenisnya. padahal kalo lagi sakit kan hal itu yang paling kita inginkan. Sebagian masa SD dan SMP gw hidup terpisah sama nenek di Makassar sementara ortu di Dili. Waktu SMA gw pengen balik ke Dili tinggal bareng mereka and instead of that gw malah "dibuang" ke Pesantren di ponorogo 4 tahun. walopun sekarang gw baru nyadar itu adalah 4 tahun paling berkesan dalam hidup gw. I met alot friends there, score some good achievement and learn how to live independent. Kesalahpahaman mulai meruncing waktu gw mutusin tinggal di Jakarta. Ortu, Ibu terutama menganggap gw anak ga pernah peduli dengan keluarga. Well maybe i did. in my defense kenapa baru sekarang ortu gw peduli dan pengen gw tinggal sama mereka sementara waktu gw kecil sampai SMA mereka lebih suka gw hidup terpisah. Kedengeran kaya anak durhaka banget ya...tapi itu kenyatannya. Tenang..gw ga pernah mengkronfrontir hal ini langsung ke mereka koq...those just in head.

Until beberapa bulan sebelum lahiran Diandra. Gw minta Ibu nemenin pasca lahiran. However i need moral support from her. Gw udah pernah ngerasain waktu lahiran mustafa betapa gw pengen ada nyokap samping gw nemenin. Ibu dateng 5 hari sebelum jadwal lahiran. Pas hari H, waktu gw mau masuk ruang operasi, gw bisa melihat dengan jelas untuk pertama kalinya dalam hidup gw Ibu mukanya pucat karena khawatir. Mulai dari awal ruang observasi sampe ruang rawat inap ibu ga pernah ninggalin gw. Selama 5 hari 4 malam ibu cuma sekali pulang beberes rumah. Siang malam nemenin, nyuapin, bantuin ke wc, pasangin gurita, dll....and i'm so grateful she's willing to do that for me. Gw merasa bersalah nuduh ibu ga pernah peduli ke gw. Well maybe she did at that time, but i can't blame her, she's married on such a young age. 17 tahun udah punya anak. 20 tahunan udah punya anak 3. Off course she needed help from my grandmother to take care at least one of her child. Gw umur 30 an aja punya anak dua kerjanya nitipin anak ke mertua mulu. 2 minggu pasca lahiran Ibu minta ijin pulang,  and i've never felt that kinda sad before. Gw ga nangis sih pas nganter ke bandara. cuman pas udah pulang kerumah liat bubur kacang ijo yang sengaja dibikinin pagi nya gw nangis kaya bocah. That moment will definitely be the best moment of me and my mother so far. sampe nulis ini aja gw berkaca-kaca.

Well, that's some of things to be remember from 2014.
And i had a strong feeling that this year will be greater.

Adios...



Comments

Popular posts from this blog

Alhamdulillah 'Ala Kulli Ni'mah

Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)

Melahirkan Dengan BPJS Kesehatan