Mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Lanjutan dari postingan gw sebelumnya mengenai pengalaman mengurus SKBN disini

Jadi hari senin itu selesai gw ke BNN ngurus SKBN gw dengan santai dan optimis dateng ke Polsek Duren Sawit yang kebetulan angkotnya emang searah dengan rumah. Polsek Duren Sawit ini lokasinya di jl.raya kalimalang sebelum Pom Bensin Pertamina. Clingak clinguk akhirnya gw masuk ke ruangan depan yang tulisannya Sentra Laporan Terpadu. Beberapa orang udah antri duduk disana. dan dari hasil nyimak rata2 mereka mau bikin surat keterangan kehilangan barang. Setelah sekitar 4 orang akhirnya giliran gw ditanya, "mau ngurus apa dek?", gw jawab mau ngurus SKCK pak..."SKCK bukan disini buatnya, keluar seblah kiri mentok, itu kalo masih buka yaaa". Waktu udah jam stengah 3 sore. weeeww cape dehh sia2 gw antri hampir sejam ternyata salah tempat. Akhirnya gw ke tempat yang dimaksud dan didepannya ada banner info mengenai syarat2 pengurusan SKCK. Tadinya dipikiran gw tinggal dateng bawa badan aja gitu atau paling ga cuman butuh fotokopi KTP, ndak taunya mayan banyak juga dokumen persyaratannya. Here it is :

  • Surat Pengantar dari kelurahan untuk pengurusan SKCK --> Buat ngurus ini lo kudu dateng dulu ke Pak RT minta Surat Pengantar. Setelah TTD Pak RT lanzut ke Pak RW, minta ttd juga. Mayan juga ya bokk...untuk kelarin dua ttd itu aja gw butuh dua hari, sehari di Pak RT sehari di Pak RW karena orangnya ga ada mulu dirumah, jadi dititipin diorang rumahnya besok pagi baru diambil. Setelah kelar RT dan RW baru deh ke Kelurahan dan bawa fotokopi KK dan KTP juga masing2 selembar. Ini juga gw kayaknya timingnya salah soalnya pas bgt dikelurahan lagi antriiii banget ibu2 yang mau bikin surat keterangan bebas biaya sekolah kinda gt deh...alamakkk ada kali 3 jam gw antri.
  • Foto Kopi KK satu lembar
  • Foto Kopi KTP 1 Lembar
  • Pas foto 4X6 4 Lembar
Untuk persyaratan diatas adalah pengurusan SKCK yang buat melamar kerja di swasta/BUMN/CPNS. Kalo buat TNI/POLRI beda kali kayaknya. 

Setelah lengkap semuanya disana kita akan dikasi form kaya daftar anggota keluarga gt lah. jadi harus hapalin tg lahir bokap nyokap beserta adek kakak plus riwayat sekolah dari SD sampe kuliah samapi ke tahun2 lulusnya. 

Selesai isi data akan diminta untuk ambil sidik jari ga cuma jempol tapi 10 jari. buat yang ga tahan kotor kudu siap2 tissu basah soalnya mereka cuma sedia wastafel tapi ga ada sabunnya.

Prosesnya sih kemaren gw cepet, ga nyampe sejam karena Alhamdulillah pas ga ngantri bgt juga cuma ada sekitar 5 org yang ngurus. Di Polsek Duren Sawit untuk pengurusan SKCK ini dari jam 8 s.d Jam 2 siang ajah untuk senin s.d kamis...kalo jumat kalo ga salah cuma sampe jam 12 siang. Biayanya 10 ribu plus biaya adminnya terserah katanya..gw kemaren ngasih 10 rb + 5 rb tapi abis itu dijutekin sama mba2 adminnya hahahaaa....yaaa maap mbaknyaaa duit saya ngepas :p..

Sekian info singkat dari sayahh...semoga berguna yaa

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Alhamdulillah 'Ala Kulli Ni'mah

Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)

Melahirkan Dengan BPJS Kesehatan