Education Talk

Dua minggu yang lalu gw dapet amazing opportunity dari salah satu perusahaan konsultan gede di Singapore. Mereka lagi nyari freelancer untuk melakukan research di beberapa sekolah-sekolah international di Jakarta, Bali dan Balikpapan. Ga pake mikir panjang pastinya kesempatan ini gw ambil.

Researchnya di mulai di Jakarta seminggu, lanjut Bali 3 hari trus Balikpapan 2 hari. Yang ngikutin sosmed gw pasti baca deh beberapa orang komen "enak bgt jalan-jalan mulu!", okey...pertama definisi jalan-jalan mulu ini perlu diluruskan hehehe (penting bgt ye pake gw jelasin, biarin deh), sebenarnya profesi gw sekarang ini justru lebih banyak dirumah, karena posisi dan waktu kerja yang fleksibel dan pastinya rumah lebih nyaman dan lebih irit jadi udah 3 bulanan ini gw 90% kerja dari rumah, 10% kalo bosen paling sok-sok ngopi cantik sambil kerja di mol, Kedua...gw cuma ke 2 kota keleus...bukan keliling Indonesia apalagi keliling dunia (tapi kalo ada yg nawarin sih mauuu pek bangeet kak) jadi maksudnya dibilang jalan-jalan mulu ini apaaa? tapi yasudlah ga mau ambil pusing, diaminkan aja yaa...

Awal-awal terus terang agak jiper ngerjain kerjaan ini. Soalnya gw mesti agak jadi agen rahasia gt, dan tau sendiri sekolah-sekolah international itu punya standar keamanan yang lumayan ketat. Untungnya bermodal tampang ibu-ibu kepo so far ga ada masalah samsek. Berhubung gw juga punya anak yang pastinya faham lah ya, sebagai parents biasanya kita expect sekolah buat anak seperti apa, dari segi kurikulum, biaya sama kelebihan2 sekolah international macam itu. To be truth kalo dari segi fasilitas dan kurikulumnya, gw mupeng juga pengen nyekolahin Tafa sama Diandra ke sekolah-sekolah itu, tapi let’s take a deep breath and calm your self before you heard the school fee…seharga mobil innova bok!!!

Ga pernah jadi jaminan sih sekolah bonafit bisa menghasilkan manusia yang lebih baik. Tapi ga bisa dipungkiri juga sekolah dengan kurikulum yang bagus, guru-guru yang ber skill, ditunjang fasilitas yang lengkap, bisa jadi tonggak awal anak punya kepribadian yang bagus dan lebih terarah karena rata-rata sekolah-sekolah tersebut juga selain focus di akademik mereka juga challenge para students untuk lebih kreatif dan bisa finding the best in their self.

Gw dulu ngerasain sekolah pindah-pindah, mulai dari sekolah di kampong di Sulawesi dengan kondisi guru yang terbatas banget, terus pindah ke Dili trus ke Makassar kota besar dan ke Jawa, standar pendidikan pastinya beda-beda. Paling terasa sih waktu dari kampung ke kota, yang biasanya gw bisa rangking 1 di sekolah kampung pas di sekolah kota nilai langsung jeblok karena standar beda, sampe dipanggilin guru les kerumah sama Ayah. Trus pas dari Jawa balik ke Sulawesi, pressure belajar yang gila-gilaan di pesantren Alhamdulillah hikmahnya gw bisa lolos di Universitas negeri di Makassar.

Terus terang aja gw ga pengen anak-anak gw ngerasain pressure akademik yang gw rasain. Bukannya sombong ye, tapi kalo soal akademik Alhamdulillah gw selalu diatas rata-rata, berbanding terbalik sama suami gw. Bukannya gw bilang suami gw ga pinter, Tapi emang dia tipikal orang yang ga bisa di kasi pressure akademik. Gw pernah baca di salah satu artikel ada tipe2 anak yang masuk ke kategori otak kanan, contohnya suami gw ini, mereka yang ga bisa ditekan untuk belajar karena sebenarnya mereka punya kelebihan dari sisi kreatif dan imaginative. Sebaliknya dengan tipikal otak kiri yang memang kuat di akademik. No one is better than another, we just have to find a better way to make them better. Gw belum tau Mustafa masuk ke kategori mana sekarang. Tapi yang jelas gw ga mau menekan dia ; harus dapet nilai 10 disekolah, harus rangking 1, harus ina inu. Gw lebih pengennya ngarahin passion dia biar dia lebih semangat mengejar cita-cita sesuai passion dia tersebut.

Lagi-lagi refleksi ke diri sendiri, gw ngerasain gimana rasanya punya passion yang ga didukung sama orang tua dan gw ga pengen mengulang kesalahan tersebut ke anak-anak gw. Mustafa dan Diandra dari kecil harus dilatih mengenali passion mereka dan diarahkan, jadi ketika mereka sudah besar udah ga bingung mau kemana tujuan hidupnya. Tentunya passion dan tujuan hidup itu harus yang baik-baik dan sesuai sama yang diajarkan Agama, a big no no deh kalo mereka mau jadi artis sinetron misalnya :p.

Aduh postingan gw ini kayaknya sok tua banget ya hahaha…
Mungkin karena bentar lagi mau masuk umur 32 kali yeee…
Apa-apa inget anak, inget mati, inget kalo udah tua tapi belum bisa jadi apa-apa..hikz…malah jadi sedih.

Ya sudah sekian dulu catatan hari ini.
Next, kayaknya gw mau nulis sedikit review soal sekolah-sekolah yang gw datengin kemarin, siapa tau ada yg butuh inpo2 soal sekolah international J





Comments

Popular posts from this blog

Alhamdulillah 'Ala Kulli Ni'mah

Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)

Melahirkan Dengan BPJS Kesehatan