Titik Terendah

Sebenernya antara maju mundur maju mundur (syantiekk) mau share soal ini di blog.

Tapi ya sudahlah diceritain aja, siapa tau ada yang baca dan mengalami hal sama, you are not alone man!

Beberapa bulan yang lalu saya dan suami merasa kami berada di titik terendah dalam hidup berumah tangga. Financially and Mentally.

Ini bukan yang pertama kali, waktu hamil Diandra kami juga pernah ngerasain titik terendah karena suami salah mengambil keputusan di karirnya. Lebih tepatnya sih doi resign dari kantor (yang sejujurnya secara salary lumayan banget) dengan alasan gondok sama atasannya yang rasis, dan kepedean bisa cepet dapet kerja lagi. Kenyataannya waktu itu suami sampe nganggur 2 bulan. Dalam keadaan lagi hamil, mau ga mau saya jadi tulang punggung keuangan keluarga. Berat? pastinya...apalagi waktu itu kita baru ngambil cicilan mobil dan belum kenal sama yang namanya kerja online freelance. Saban hari setiap sholat saya nangis mulu berdoa sama Allah, koq ya hidup bisa gini amat yaa? ditambah hormonal hamil juga sih kali jadi bawaannya sedih mulu. Sangking sedihnya saya sampe malas berdebat ga penting sama suami, ga mau nyalahin dia karena saya berusaha introspeksi mungkin saya juga punya andil sampai dia ngambil keputusan resign itu.

Namanya roda hidup pasti berputar.

Di bulan ketiga akhirnya suami dapat kerjaan lagi, yang lokasinya deket dengan rumah.

Saya sudah setahun lebih jadi Online Freelancer, dan bisa dibilang saya dapet beginners luck. baru mulai langsung dapet kerjaan melimpah. Saya lengah, kepedean. Lupa kalau yang namanya freelancer itu bisa diputusin kerja kapan aja. Dua long term client sumber penghasilan saya satu persatu mengurangi jam kerja saya dengan alasan budget. Beberapa kali saya masih sempet dapet client short term dengan fee yang lumayan, tapi setelahnya saya sempet stuck 2 bulan hanya ngerjain kerjaan kecil2 aja. dapur masih ngebul sih. cicilan juga masih bisa dilunasi tepat waktu.

Gong nya adalah ketika pas kerjaan kecil2 saya tersebut frekuensinya semakin berkurang, pas suami kontraknya habis dan ga diperpanjang (tanpa notifikasi sebelumnya, kejam yes? begitulah dunia Agency). Aseli hampir dua bulan kami nunggak cicilan (yang mana saya harus menerima teror telepon tagihan tiap hari). Kalau kejadian sebelumnya saya masih ada kerjaan tetap di kantor yang gajinya jelas, lah yang ini gaji freelance saya udahpun kecil dan ga jelas waktunya (suka-suka si client kapan dia mau bayar, kadang dia sibuk-lupa-whatever) suami pun jobless. Ngenes banget rasanya. Dulu masih bisa nangis. Kemaren itu sampe susah nangis sangking pusingnya. Ujung-ujungnya saya berantem mulu sama suami, kadang diem2an seharian, padahal kami sama-sama tau ga ada pihak yang bisa disalahkan. Saya tau suami saya bukan tipikal orang yang gampang menyerah. Dia setiap hari siang malam kerja juga nyari pemasukan dari ikut kontes-kontes di 99design, suami saya juga sadar kalao saya juga mati2an nyari client lagi dan sampe begging ke client saya yang lama biar saya dikasi kerjaan lagi. We both knew we tried our best, yet we still frustrated.

Anak-anak juga sepertinya kerasa kalo ortunya lagi stres berat. Mustafa bawannya mau nginep di eyang mulu, diandra ga ceria seperti biasanya. It's like mau nafas aja koq kayaknya ga bisa.

It is really sad...

Sampai suatu sore, saya berdua suami ngobrol dengan kepala dingin, saling menenangkan, Allah ga akan membiarkan hambanya seperti ini terus2an. Kami harus bangkit dari sedih plus frustasi seperti ini, kami harus berhenti berantem untuk hal-hal yang ga jelas. intinya udah pasrah dan tawakkal aja. Selesai ngobrol saya ambil hp, ngecek email, dan baca email masuk, Ya Allah saya dapat penawaran dari client baru untuk kerja full time (online)!!!. Alhamdulillah saya langsung sujud syukur. Allah tidak pernah menutup mata, Allah maha mendengar doa hambanya, Allah maha kuasa menjadikan yang mustahil menjadi nyata. We just have to believe that deep deep down our heart. And always remember the power of pray!.

Intinya yang saya mau share disini apa?.

Jangan pernah meragukan kekuasaan Allah. Selama kamu berusaha dan berdoa, pada waktunya akan ada jalan terang yang mungkin ga pernah kamu bayangkan sebelumnya. Dan jangan lupa bersyukur!.

Ini kedengerennya klise tapi yang namanya menabung itu penting banget. Selama ini harus saya akui keuangan keluarga saya emang carut marut. Kami payah banget dalam hal menabung. Sempat investasi ini itu tapi trus di cairin semua. kami terlalu percaya sama "let it flow", hidup ngalir aja...padahal sebenernya namanya hidup harus ada planning. Yes we have to take some risk, in order to gain more, but don't be fooled, karena segala sesuatu kemungkinan terburuk bisa terjadi. We definitely learned our lesson. And now we prepare for those times to never happen again.

Saya turut mendoakan kalau ada teman-teman yang baca ini dan sedang merasakan hal yang kurang lebih sama supaya bisa segera diberi titik terang. Amin.....

Semangat!!!


Comments

  1. Halo Mba Ura..
    Keadaan mba Ura di cerita mba diatas, saat ini sedang kami alami. semoga kami bisa tetap yakin bahwa akan ada titik terang di depan sana.
    Aamiin..

    terima kasih ya mba udah share ceritanya.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Alhamdulillah 'Ala Kulli Ni'mah

Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)

Melahirkan Dengan BPJS Kesehatan