Menjadi warga Bogor!

Gw pernah posting sebelumnya kalau gw sama suami emang punya niatan untuk keluar dari Jakarta.
To be honest, we're just too tired living in this city, Jakarta dengan segala dinamika dan kompleksibilitasnya. Apalagi status kami berdua sudah bukan pegawai kantoran lagi, jadi rasanya ga masalah kami bisa tinggal di belahan indonesia manapun selama ada koneksi internet yang reliable.

Waktu ide itu muncul, kami mempertimbangkan beberapa kota, Makassar - karena itu kampung halaman gw, Solo - Kampung halaman suami, dan Bandung- karena kami emang cinta aja sama Bandung hahaha...

Setelah mempertimbangkan pro and cons dari masing-masing opsi, Makassar akhirnya kami coret (ga usah dijelasin ye alasannya). Pilihan pun mengerucut ke Bandung dan Solo. Kami pun sepakat untuk survey2 dulu ke 2 tempat tersebut.

Survey ke Bandung pastinya ga masalah dong ya, wong cuma dua jam an dari Jakarta. Yang agak bikin mikir sedikit adalah survey ke Solo karena lumayan juga biayanya. Tapi setelah beberapa bulan ngumpulin duit akhirnya ancang2 deh mau beli tiket kereta. 

Di luar dugaan pas nyampein ide ini ke Mertua, dengan terang2an sekeluarga ga setuju kami pindah ke solo. Alasannya ya jauh, disana udah ga banyak sodara (rata2 udah pindah ke Jakarta) dan berbagai alasan lain. Galau dong yaa..untungnya tiket belum kebeli. Mikir2 lagi, alasan dari keluarga in laws gw emang banyak benernya juga. Ga mau kualat kalo nekat pindah tanpa restu ortu.

Pilihan tinggal satu dong ya, ke Bandung. untuk opsi ini kami memutuskan ga usah ngomong2 dulu, ntar aja kalo udah fixed banget. Akhirnya mulai nanya-nanya dan browsing biaya ngontrak rumah, nyari sekolah dll. Kebetulan bulan April emang ada libur beberapa hari paskah. Jadi kami mau survey langsung apartemen yang mau di sewa. Udah pinjem kunci pula ke temen yang tinggal disitu, mau nebeng di flat dia, karena dia lagi liburan ke LN.

Sehari sebelum pergi kebandung, ngobrol sama Kakak ipar, dia nanya "emang ga mau ya tinggal di pinggiran Jakarta aja, ke cibinong, citayem atau sawangan?, ini temen aku share di FB ada perumahan di cibinong nih, DP nya murah, trus kompleksnya bagus banget asri. Atas nama sopan santun pun gw mengiyakan aja, "aku di share aja mba, nanti aku liat2". Padahal dalem hati mah ga tertarik, dan udah terlanjur kepincut sama angan-angan jadi warga bandung. 

Malemnya buka-buka link yg di share sama kaka ipar, hmmm koq tempatnya boljug juga ya, DP nya bisa dicicil pula, kalo dipaksain sih kayaknya masuk budget. Lokasinya juga oke, deket tol. Mengingat kata bokap kalo mau beli rumah emang harus agak maksain, kalo ga gt ga bakalan beli2, akhirnya dadakan ganti plan, besok survey deh ke cibinong. Waktu itu gw mikir at least gw udah ngikutin saran keluarga in laws gw untuk nyari yang terdekat dari Jakarta dulu. Jadi pas gw pindah ke bandung kan tinggal alesan kalo ga nemu yg pas. Pokoknya mah hatiku tetep teguh mau kebandung.

Out of expectation rumah yang di cibinong itu tenyata bikin kita jatuh cinta. Lokasinya strategis banget, deket sama exit tol dan dalem perumahannya asri banget. Suami gw langsung, yukk paksain aja beli disini....eaaaaa...mulai goyah.

Ga mau cuma punya satu opsi, besokannya gw mulai gerilya browsing lokasi lain, waktu itu akhirnya bikin janjian sama marketing buat survey di Sawangan dan Dramaga Bogor. Di sawangan, suami gw udah asem banget mukanya soalnya aksesnya maceet gila2an dan jalanannya kecil. Batin udah fixed banget nih ke cibinong, mulai males nanggepin janjian yang ke dramaga bogor. Tapi berhubung si marketingnya rada2 agresif, jadi pas weekend kita samperin aja deh, dan emang akhirnya bikin ilfil juga karena lokasinya jauuuuuh, macet pula, dan unit yg ready stocknya udah abis. 

Ngobrol punya ngobrol sama si Marketing, dia akhirnya nawarin perumahan lain, masih dibogor, lokasinya di Katulampa, harganya lumayan jauh dibawah rumah di cibinong, dan lebih deket ke pusat kota Bogor. At this point kami udah males-malesan, tapi for the sake of having an option akhirnya meluncur deh liat kesana sekalian. Masuk ke area menuju perumahan kami langsung hepi karena banyak tempat jajan, dan yang terpenting ada beberapa coffee shop yg dari luar koq keliatan lutjuuu...Alesan cetek bgt, i know!

Dan pas liat rumahnya juga memang ga jauh dari kota plus tempatnya adem, dan deket tol (penting karena kami masih bakalan sering bolak balik nengokin mama di jakarta). Opsi cibinong pun mulai goyah.

Singkat kata, karena kami berdua adalah pasangan yang ga suka kelamaan mikir, dan setelah mempertimbangkan hal-hal penting seperti lingkungan, harga, akses dan faktor investasi (tsah)  dan hal-hal ga penting tapi krusial seperti banyaknya jajanan dan coffee shop hipster (teteup), hari itupun kami transfer booking fee untuk rumah di katulampa.

Gw dan suami sampe agak ga percaya sama keputusan yang sedikit impulsif ini!

Sebagai orang yg memegang teguh filsafat dari The Alchemist "And, when you want something, all the universe conspires in helping you to achieve it.” dan semua proses yang dilalui koq yaa entah kenapa jadi berasa dimudahkan sama Allah. 

So at the end of this story, we're happy to say that we're officially leaving Jakarta next week, and Mustafa will be learning Sundanese language at school. Salim Kang Arya Bima.

Bogor will be truly our home sweet home.


x

Comments

Popular posts from this blog

Alhamdulillah 'Ala Kulli Ni'mah

Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)

Melahirkan Dengan BPJS Kesehatan